Viral Penembakan Brutal di New York, WNI Ketakutan: Gak Berani Keluar Malam!

Viral Penembakan Brutal di New York, WNI Ketakutan: Gak Berani Keluar Malam!

Nasional | indozone.id | Senin, 18 April 2022 - 14:17
share

Aksi penembakan brutal terjadi di kota New York pada Selasa (12/4/2022). Seorang pria nekat menembak massal para penumpang di dalam kereta bawah tanah ( subway ) di Brooklyn, New York, Amerika Serikat.

penembakan di new york
Berita tentang penembakan di New York (Susi Fatimah/IDZ Creators)

Dalam video yang viral di media sosial, terlihat para penumpang berlarian keluar dari dalam kereta untuk menyelamatkan diri pasca insiden penembakan. Terlihat juga korban-korban yang mengalami luka tergeletak di dalam dan luar gerbong kereta. Dilaporkan 17 orang terluka akibat penembakan tersebut.

penembakan di new york
Suasana di dalam gerbong kereta di Amerika Serikat (Susi Fatimah/IDZ Creators)

Melihat video tersebut viral di medsos, Tim IDZ Creators, Susi Fatimah yang tinggal di Washington DC, ikut merasa cemas. Meski lokasi New York dan Washington DC cukup jauh (4 jam perjalanan), kejadian serupa bisa terjadi di mana saja. Bahkan teman-temannya di Indonesia juga turut membaca berita penembakan di New York tersebut dan menanyakan kabarnya.

"Teman saya di Indonesia yang lihat video itu dari berita di medsos, sampai tanya kondisi saya gimana di Amerika. Padahal lokasinya jauh New York ke Washington DC. Tapi setelah lihat video itu diberitakan media-media Amerika jujur ikut cemas juga," kata Susi.

Sebelum insiden di New York, kasus penembakan juga terjadi di Washington DC, tepatnya di H Street pada Selasa (8/3/2022). Seorang pria menembak tunawisma yang sedang duduk di kursi taman hingga mengalami luka di bagian kepala, wajah, dada dan bokongnya.

pusat pemerintahan washington dc
Suasana di pusat pemerintahan Washington DC (Susi Fatimah/IDZ Creators)

Kasus serupa juga terjadi pada Kamis (3/3/2022), pria yang sama menembak dua tunawisma hingga mengalami luka-luka di bagian tubuhnya.

Tingginya kasus penembakan di Amerika, membuat warga negara Indonesia (WNI) ikut khawatir. Terlebih Susi dan suaminya baru menetap di Amerika. Meski demikian, Susi dan suami punya cara untuk mengantisipasi hal ini.

subway washington dc
Suasana di stasiun bawah tanah Washington DC (Susi Fatimah/IDZ Creators)

Biasanya mereka memantau dari media massa Amerika lokasi mana saja yang rawan tingkat kriminal. Dengan mengetahui hal ini, setidaknya mereka menghindari daerah-daerah rawan tersebut.

Selain itu, Susi dan suami mengusahakan enggak ke luar rumah hingga larut malam, maksimal jam 10 malam sudah ada di rumah. Sebab malam hari cukup rentan tindak kejahatan karena sepi.

penembakan di new york
Gedung Capitol, landmark kota Washington DC (Susi Fatimah/IDZ Creators)

Kemudian kalaunaik transportasi umum seperti kereta dan bus, keduanya memilih gerbong yang ramai orang. Sebab jika gerbong sepi besar kemungkinan aksi kejahatan terjadi di dalam kereta dan sulit mendapatkan pertolongan.

"Dan yang penting juga, ponsel harus selalu siaga. Kalau ada apa-apa kita bisa langsung telpon 911 (nomor kontak darurat di Amerika). Polisi langsung datang ke tempat kejadian," tutup Susi.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Lets join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators
Topik Menarik