Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa Ramadhan, Prinsipnya Sama Dengan Diet Sehat

Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa Ramadhan, Prinsipnya Sama Dengan Diet Sehat

Nasional | riau24.com | Senin, 18 April 2022 - 13:20
share

RIAU24.COM- Bulan ramadhan adalah hal yang bagus untuk menurunkan berat badan karena bisa menjaga pola makan, berikut tips menurunkan berat badan saat puasa dan prinsipnya sama dengan diet sehat!

Ibadah puasa ini dinyatakan memiliki prinsip seperti intermittent fasting. Hal tersebut disampaikan oleh ahli gizi dari Universitas Airlangga (UNAIR), Mahmud Aditya Rifqi.

Diketahui Intermittent Fasting merupakan salah satu cara menerapkan menu diet sehat untuk menurunkan berat badan.

zxc1

Mahmud Aditya Rifqi mengatakan bahwa menahan lapar dan haus ketika sedang bulan puasa tidak semata-mata dapat dikatakan diet.

Diet ialah mengatur pola makan, hal itu sangat penting dilakukan untuk memperbaiki status gizi, mengontrol atau menurunkan berat badan.

Jenis-jenis diet sangat bermacam-macam, salah satunya ialah Intermittent Fasting.

Berikut tips yang harus dipatuhi ketika ingin menurunkan berat badan atau diet saat bulan puasa Ramadhan :

1. Tidak makan berlebihan saat buka puasa

zxc2

Saat puasa Ramadhan tubuh dilatih untuk mengkonsumsi makanan secara teratur yakni di waktu sahur dan berbuka.

Namun, jika saat berbuka dijadikan sebagai balas dendam yaitu dengan mengkonsumsi makanan berlebih hingga larut malam, maka hal itu diet tidak akan berhasil dan tidak dapat mengurangi lemak di dalam tubuh.

2. Mengatur asupan makananDosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UNAIR, Mahmud Aditya Rifqi menjelaskan bahwa ketika sedang menjalankan ibadah puasa tubuh tidak makan dan minum lebih dari dua belas jam dalam sehari.

Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk mengatur asupan makan ketika waktu sahur dan berbuka puasa.

3. Cairan

zxc3

Mengkonsumsi air mineral harus cukup selama menjalankan puasa, sebab saat tidak berpuasa pun manusia membutuhkan cairan setidaknya dua sampai tiga liter dalam sehari.

4. Sayuran Dan BuahSelain memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, tubuh manusia harus mengkonsumsi sayuran yang berkuah serta buah yang mengandung banyak air seperti tomat, timun dan lain sebagainya.

Postingan di sosial media Instgram yang menjelaskan mengnenai tips turunkan berat badan saat puasa dibagikan melalui akun sosial media Instagram milik @baperanews. Setidaknya postingan tersebut telah mendapatkan sebanyak kurang lebih Seribu tanda suka

Topik Menarik