Strategi BRI Top Banget, Diganjar Bank Terbaik di ESG IDX Leader

Strategi BRI Top Banget, Diganjar Bank Terbaik di ESG IDX Leader

Nasional | genpi.co | Sabtu, 16 April 2022 - 18:30
share

GenPI.co Jatim - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mencatatkan perusahaan perbankan dengan penerapan Environmental, Social, Governance (ESG) terbaik.

Raihan tersebut dikeluarkan Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam indeks IDX ESG Leader pada 16 Maret 2022,

Konstituen IDX ESG Leader Index ditentukan berdasarkan data penilaian risiko ESG (ESG Risk Ratings) serta data tingkat kontroversi yang dinilai oleh Sustainalytics.

Semakin rendah skor ESG Risk Ratings, artinya profil risiko ESG kian minim.

BRI meraih skor 20,94 atau terbaik di antara perusahaan perbankan yang masuk ke dalam daftar konstituen IDX ESG Leader Index.

Direktur Kepatuhan BRI Ahmad Solichin Lutfiyanto mengatakan, perusahaan terys senantiasa berinergi untuk menunjang keuangan berkelanjutan.

BRI terus berkomitmen untuk menerapkan prinsip-prinsip keuangan yang berkelanjutan dalam seluruh aktivitas bisnis untuk men-deliver sustainable value kepada seluruh stakeholders, ujarnya.

Dia mecontohkan, untuk penyaluran kredit, bank BUMN tersebut mampu mencatat peningkatan pembiayaan kegiatan usaha berkelanjutan mencapai Rp614,2 triliun pada 2021. Naik dari Rp550,4 triliun pada tahun sebelumnya.

Sementara itu, dalam hal pendanaan bank, BRI telah menerbitkan Sustainability Bond di tahun 2019 sebesar USD500 juta.

Hingga akhir 2021 dana perolehan dari penerbitan Bond tersebut telah disalurkan untuk beberapa pembiayaan bersifat sosial sebesar 69 persen dan proyek berwawasan lingkungan sebesar 31 persen.

Selain aktivitas perkreditan (di sisi aset) dan pendanaan bank (di sisi liabilitas), penerapan ESG di BRI juga telah meliputi pada aspek operasional hingga sumber daya manusia (SDM).

Salah satunya dengan mengkalkulasi emisi karbon dari kegiatan operasional untuk mengukur dampak perusahaan terhadap lingkungan.

BRI, kata Solichin, juga fokus dalam menerapkan kesetaraan gender di seluruh aktivitas operasional dan bisnis. Selain juga menerapkan manajemen keamanan siber dan privasi data nasabah.

Perusahaan miik negara tersebut memiliki Divisi ESG yang bertanggung jawab pada implementasi ESG di perusahaan.

Meningkatnya kesadaran terhadap penerapan ESG menjadikan BRI senantiasa berusaha mewujudkan pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan," katanya.

Dia berharap itu bisa memberikan pelayanan melebihi ekspektasi seluruh stakeholders. "ESG menjadi komitmen perusahaan dalam strategi transformasi BRI yang saat ini terus berlanjut," jelas Solichin. (*)

Heboh..! Coba simak video ini:

Topik Menarik