10 Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Jadi Incaran Para Pelancong

10 Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Jadi Incaran Para Pelancong

Nasional | law-justice.co | Sabtu, 16 April 2022 - 15:00
share

Bandung memang daerah yang lengkap. Beragam bentuk wisata bisa kita temukan disana. Mau wisata alam ada, wisata sejarah ada, wisata religi ada, dan tak ketinggalan wisata kuliner.

Wisata kuliner di Bandung juga panyak pilihannya. Beragam makanan tersaji hampir di setiap sudut kota, mulai dari jajanan kaki lima, warung makan, cemilan tradisional, hingga makanan kekinian. Semua itu menanti kita dan siap memanjakan lidah kita.

Berikut 10 wisata kuliner Bandung yang bisa jadi rekomendasi anda.

  1. Iga Bakar si Jangkung

Sebenarnya banyak tempat makan iga bakar di Bandung. Namun satu yang paling terkenal adalah Iga Bakar Si Jangkung, yang terletak di Jalan Cipaganti, Bandung. Tempat ini dinamakan Iga Bakar Si Jangkung, karena sang pemilik memiliki postur tubuh yang tinggi.

Jika di tempat lain kita makan iga bakar lengkap dengan tulangnya, tidak di Iga Bakar Si Jangkung. Disini daging yang bisanya menempel di tulang iga, diolah dengan beragam bumbu dan rempah.

Sebelum dibakar, daging direbus dulu kemudian dimasak menggunakan wajan tanah liat. Hasilnya rasa manis dan gurih menyatu sempurna dengan daging iga yang lembuh.

  1. Nasi Kalong

Kalau di Jogja ada Nasi Kucing, Bandung punya Nasi kalong. Namanya unik dan terdengar asing di telinga. Letaknya di Jalan RE Martadinata, Bandung.

Dinamakan Nasi Kalong bukan karena nasi ini adalah makanan kalo atau kelelawar. Melainkan karena warung makan ini buka di malam hari., mulai jam 19 hingga dini hari.

Menu andalan Nasi Kalong adalan nasi yang berwarna hitam dan disajikan dengan puluhan jenis lauk, seperti tahu goreng, ayam goreng madu, tumis buncis dan lain sebagainya.

Nasi hitam tersebut sebenarnya adalah nasi merah yang dimasak denga kluwek dan beragam rempah lainnya. Jika kurang cocok dengan nasi hitam, jangan khawatir, di Warung Nasi Kalong juga disediakan nasi putih.

  1. Rumah Sosis

Sesuai namanya, tempat kuliner ini menyajikan beragam pilihan makanan yang berbahan dasar sosis. Lokasinya ada di Jalan Dr. Setiabudi, Sukasari, Bandung, searah dengan daerah wisata Lembang, di sebelah utara Kota bandung.

Di Rumah Sosis sedikitnya ada 70 jenis menu yang yang dibuat dari sosis. Diantaranya, sosis keju, sosis barbeque, Chicken Chipolata dan lain sebagainya.

Semua sosis yang digunakan disini adalah hasil buatan sendiri dan tanpa bahan pengawet. Jadi harap maklum kalau harganya sedikit di atas daripada sosis yang dijual di supermarket.

  1. Sate Anggrek

Sate Anggrek Bandung adalah salah satu tempat makan legendaris di Bandung. Usianya setua Republik Indonesia. Sate ini mulai memanjakan lidah warga Bandung sejak awal kemerdekaan Indonesia, pada 1945.

Nama lengkap tempat makan ini adalah Sate Anggrek H. Ahmad Nawawi, sesuai nama pendirinya. Meski sudah berdiri puluhan tahun, tempat makan sate ini masih berupa tenda biasa, bukan rumah makan atau restoran.

Namun rasa tidak bisa bohong. Setiap malam Sate Anggrek diserbu ratusan orang yang ingin menikmati sate legendaris ini. Bagi yang ingi mencicipi Sate Anggrek, langsung saja ke Jalan Anggrek nomor 35, CIhapit, bandung.

  1. Kupat Tahu Gempol

Kupat tahu Gempol adalah salah satu tempat makan yang legendaris di bandung, yang suda berdiri sejak 1975. Lokasinya ada di Jalan Gempol Kulon, No. 53, Kelurahan CItarum, Kecamatan Bandung Wertan, tak jauh dari Gedung Sate.

Kupat Tahu Gempol buka setiap hari mulai jam 6-12 siang. Setiap hari itu pula tempat makan ini ramai dikunjungi orang yang ingin merasakan cita rasa kupat tahu khas bandung.

Saking terkenalnya, sederet publik figur pernah duduk di deretan bangku tempat makan ini, sambal menikmati Kupat Tahu Gempol.

  1. Warung Bu Eha

Satu lagi tempat makan legendari di Kota Bandung. Namanya Warung Bu Eha yang terletak di Pasar Cihapit, Bandung.

Warung Bu Eha sudah berdiri sejak 1974. Menu andalan khas Warung Bu Eha adalah Gepuk, rendang daging sapi, sayur kepala kakap dan aneka pepes.

Menurut para pelanggan setianya, sejak dulu hingga sekarang, rasa makanan yang dijual di warung ini tidak berubah.

Dan diantara pelanggan setia Warung Bu Eha ada orang nomor satu di Indonesia, yakni Presiden Soekarno. Karena iu foto Bung larno terpampang di salah satu dinding warung ini.

  1. Batagor Hanjuang

Mungkin ada yang belum tahu kalau batagor adalah akronim dari baso tahu Goreng. Kuliner ini emmang identik dengan Kota Bandung.

Salah satu tempat makan batagor di Bandung yang terkenal adalah Batagor Hanjuang. Lokasinya ada di Jalan Terusan Babakan Jeruk I, Sukagalih, Sukajadi, Kota Bandung.

Batagor ini sudah buka sejak era 1990-an. Pelanggannya sudah banyak, bukan hanya dari Kota Bandung, tapi juga dari berbagai daerah.

Selain rasanya enak, harganya pun cukup murah, yakni Rp10 ribu perporsi. Tak heran dalam sehari Batagor Hanjuang bisa terjual hingga 1.500 buah.

  1. Nasi Kuning Pasir Koja

Jika biasanya nasi kuning kita santap untuk sarapan pagi, tidak dengan nasi kuning yang satu ini. Nasi Kuning Pasir Koja justru buka di malam hari, mulai jam 8 hingga dini hari.

Tampat makan ini tepatnya berada di Jalan pasir Koja no. 114, Bandung. Menu yang dijual sangat sederhana, hanya nasi kuning ditambah beberapa lauk pilihan, diantaranya semur dagung sapi, telur rebus, tahu kuah, oncom, dan abon.

Sebagai pelengkap diberi taburan bawang goreng di atasnya. Cocok buat anda yang gemar jalan malam hari dan mencari makanan di tengah dinginnya hawa Kota Bandung.

  1. Bakmi Apin Sukajadi

Kuliner yang satu ini cocok buat anda yang gemar menyantap hidangan berbahan mie. Mie Apin Sukajadi berada di Jalan Sukajadi, No. 170, Pasteur, Kecamatan Sukajadi, bandung.

Menu andalan di sini adalah mie ayam dan mie yamin. Laman infobumi.com menulis, mie yang disajikan Bakmi Apin Sukajadi teksturnya kenyal dan memiliki rasa yang khas.

Satu porsi bakmi berisi toping ayam yang melimpak, kerupuk kulit serta kuah yang gurih. Selain Kie Ayam dan Mie Yamin, Bakmi Apin juga menjual beragam menu lainnya, seperti Capcay dan batagor.

  1. Nasi Goreng Mafia Bandung

Nasi Goreng Mafia ada di Jalan DIpatiukur no. 51 Bandung. Lokasinya mudah dijangkau dan dekat dengan kampus Unpad Bandung.

Keunikan dari nasi goreng ini adalah namanya yang menggunakan istilah-istilah dunia kejahatan. Masing-masing memiliki keunikan dan citarasanya sendiri-sendiri.

Seperti Nasi Goreng Gangster yang diracik dengan 15 bumbu rahasia. Ada juga Nasi Goreng Badboyz yang menggunakan rempah kapulaga dan cengkeh.

Lalu ada Nasi Goreng Bandit yang merupakan nasi gorenng andalan. Nasi goreng ini menggunakan racikan kunyin dan rempah yang kuat.

Satu lagi keunikan nasi Goreng Mafia adalah penamaan level pedasnya, yakni:

Itu tadi 10 tempat wisata kuliner di Bandung yang bisa jadi incaran Anda di musim liburan mendatang, Jika ada kesempatan mengunjungi tempat-tempat makan tersebut, jangan lupa untuk selalu disiplin protokol Kesehatan, agar tidak tertular Covid-19.

Topik Menarik