AS Waspada Ancaman Putin Serang Ukraina Gunakan Senjata Nuklir Taktis

AS Waspada Ancaman Putin Serang Ukraina Gunakan Senjata Nuklir Taktis

Nasional | jawapos | Sabtu, 16 April 2022 - 10:16
share

JawaPos.com Intelijen Amerika Serikat CIA enggan menganggap enteng ancaman Presiden Rusia Vladimir Putin yang bakal menggunakan senjata nuklir taktis atau berdaya ledak rendah untuk menyerang Ukraina. Efek yang ditimbulkan dari senjata nuklir taktis tetap besar.

Direktur CIA William Burns mengatakan bahwa ancaman penggunaan senjata nuklir taktis tak bisa diremehkan. Melemahnya Rusia dalam invasinya ke Ukraina dapat membuat Putin menggunakan senjata nuklir taktis atau berdaya ledak rendah.

Mengingat potensi keputusasaan Presiden Putin dan kepemimpinan Rusia, tidak ada dari kita yang dapat menganggap enteng ancaman yang ditimbulkan oleh potensi penggunaan senjata nuklir taktis, kata Burns saat berpidato di Atlanta.

Kremlin sebutan pemerintahan Rusia, mengatakan pihaknya menempatkan pasukan nuklir dalam siaga tinggi tak lama setelah serangan dimulai 24 Februari, tetapi Amerika Serikat belum melihat hal yang membuat kekhawatiran. Sekarang, Burns mengugkapkan kekhawatiran munculnya Perang Dunia III.

Kami jelas sangat prihatin. Saya tahu Presiden Joe Biden sangat prihatin untuk menghindari perang dunia ketiga, menghindari ambang batas dimana konflik nuklir menjadi mungkin, kata Burns.

Rusia memiliki banyak senjata nuklir taktis berdaya ledak rendah daripada bom yang dijatuhkan Amerika Serikat di Hiroshima selama Perang Dunia II. Mengingat bahwa ia pernah menjabat sebagai duta besar AS untuk Rusia, Burns memahami ancaman Putin.

Setiap hari, Putin mendemonstrasikan bahwa kekuatan yang menurun setidaknya bisa sama mengganggunya dengan kekuatan yang meningkat, kata Burns.

Topik Menarik