Dua Tahun Tertunda, Sidoarjo Tuan Rumah Popda Jawa Timur

Dua Tahun Tertunda, Sidoarjo Tuan Rumah Popda Jawa Timur

Nasional | jawapos | Sabtu, 16 April 2022 - 09:30
share

JawaPos.com- Setelah hampir dua tahun tertunda, Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XIII Jawa Timur dihelat tahun ini. Sidoarjo terpilih menjadi tuan rumah kompetisi dua tahunan tersebut.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo Djoko Supriyadi menjelaskan bahwa awalnya popda direncanakan berlangsung pada 2020. Sebab, sebelumnya ajang itu diselenggarakan pada 2018. Namun, karena kasus Covid-19 saat itu tinggi, pelaksanaannya ditunda.

Tahun ini baru digelar. Rencananya pada minggu kedua November. Tapi, tanggalnya belum pasti karena masih dikoordinasikan dengan provinsi, jelas Djoko kemarin (15/4).

Djoko menyatakan, antusiasme popda tahun ini bakal tinggi. Sebab, popda sudah lama tidak diadakan. Rencananya, ada 11 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan. Baik perorangan maupun beregu. Yakni, cabor atletik, tenis, gulat, catur, renang, wushu, pencak silat, panahan, balap sepeda, sepatu roda, dan karate.

Cabor-cabor tersebut dipilih karena disesuaikan dengan cabor yang biasanya dipertandingkan dalam pekan olahraga pelajar nasional (popnas). Sebab, pemenang Popda Jatim nanti bertanding mewakili Jatim ke ajang popnas tahun depan.

Djoko menegaskan, lokasi pertandingan di Sidoarjo sudah siap. Tempatnya sudah siap, baik yang dimiliki pemkab maupun pihak lain, katanya.

Rencananya, mayoritas venue pertandingan adalah GOR Delta dan venue di Smanor. Namun, balap sepeda akan dipertandingkan di Jalan Raya Tlocor, Jabon, mengarah ke Wisata Bahari Tlocor (WBT). Jalan itu cenderung sepi dan panjang. Aspalnya juga mulus. Spot yang cukup menarik di sana itu, tapi kepastian pelaksanaan cabor balap sepeda ini masih dibahas, ujarnya.

Harapannya, jika pertandingan cabor balap sepeda berlangsung di lokasi tersebut, penonton bisa sekaligus berwisata ke WBT. Wisata di Sidoarjo pun diperkenalkan.

Djoko menyampaikan, sebagai tuan rumah, Sidoarjo menargetkan menjadi juara umum. Para atlet yang bakal bertanding sudah dipersiapkan. Latihan juga digenjot. Semua atlet yang akan bertanding di 11 cabor itu sudah siap. Namun, jumlah atlet yang turun belum dihitung. Sebab, belum ada petunjuk pelaksanaan yang turun sehingga belum bisa menghitung atletnya, terangnya.

Topik Menarik