Buka Festival Ramadan, Eri Bocorkan Kondisi Ekonomi Surabaya

Buka Festival Ramadan, Eri Bocorkan Kondisi Ekonomi Surabaya

Nasional | genpi.co | Sabtu, 16 April 2022 - 05:00
share

GenPI.co Jatim - Pelaku UMKM di Kota Surabaya ambil bagian di Festival Ramadan di Marvel City Mall.

Sebanyak 40 UMKM ikut berpartisipasi pada acara yang diinisiasi oleh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Wonokromo.

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama/PCNU Surabaya KH Ahmad Muhibbin Zuhri mengatakan, dibukanya festival ini untuk membantu pergerakan ekonomi masyarakat kepada seluruh umat.

"Mudah-mudahan, dengan acara ini warga NU bisa terinspirasi. Jadi bukan hanya giat ibadah, tapi juga giat nyambut gawe (bekerja, red)," kata Kiai Muhibbin, Jumat (15/4).

Acara itu juga dihadiri Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Dirinya juga memberikan pengarahan kepada pelaku UMKM.

Selain Eri juga ada Ketua Baznas Kota Surabaya Moch Hamzah dan seluruh kyai dan ketua MWCNU.

Mantan Kepala Bappeko Surabaya itu menyebut gotong royong seluruh stakeholder menjadi jalan percepatan pertumbuhan ekonomi 2022.

Pada tahun lalu pertumbuhan ekonomi Kota Pahlawan berada di angka 4,29 persen. Jumlahnya meningkat, sebab pada 2020 ekonomi Surabaya terkontraksi minus 4,85 persen.

"InsyaAllah di tahun ini bisa lebih cepat pertumbuhan ekonominya dari tahun-tahun sebelumnya, semoga bisa jauh lebih melesat dari itu," ujarnya.

UMKM, kata dia, jadi salah satu penopang perekonomian Kota Surabaya. Karena itu, ketersediaan aset dan anggaran bakal dimaksimalkan oleh Pemkot untuk sektor usaha mikro, kecil, dan menengah serta koperasi.

"InsyaAllah, anggaran pemkot sebesar Rp2,1 triliun sampai Rp2,4 triliun itu sampun kulo wajibkan untuk dikerjakan oleh UMKM dan Koperasinya Kota Surabaya," jelas politikus PDI Perjuangan itu. (*)

Video heboh hari ini:

Topik Menarik