"Jangan Percaya Nyi Roro Kidul, Itu Kisah Bualan, Jelmaan Setan"

"Jangan Percaya Nyi Roro Kidul, Itu Kisah Bualan, Jelmaan Setan"

Nasional | republika | Jum'at, 15 April 2022 - 17:00
share

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Sebagian masyarakat Indonesia masih kental dengan budaya percaya kepada roh. Seperti di sebagian masyarakat Jawa yang masih memegang kuat kepercayaan akan sosok Nyi Roro Kidul. Padahal, menurut ulama karismatik asal Cirebon, KH Yahya Zainul Ma\'arif atau yang akrab disapa Buya Yahya, Nyi Roro Kidul adalah setan yang menjelma.

"Nyi Roro Kidul kisah bualan. Memang paling kaya setan itu kan Indonesia Raya. Semua kembali kepada iblis, setan, jin," kata Buya Yahya dalam satu ceramahnya.

Menurut Buya Yahya, Indonesia memiliki kepercayaan akan makhluk halus yang sangat banyak. Termasuk sosok Nyi Roro Kidul.

"Kita itu punya Tuyul, Demit, Wewe Gombel, Kuntilanak, Nyi Blorong, Nyi Roro Kidul. Semuanya itu syaiton, jin dari bangsa iblis. Gak ada Nyi Roro Kidul. Jangan percaya Nyi Roro Kidul," ujar Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah itu.

Ia berkata, jika memang ada sebuah tempat yang diyakini sekelompok manusia tiba-tiba muncul atau ada sesuai keyakinannya, hal tersebut itu bukan karena sesuatu itu benar-benar ada. Akan tetapi menurut Buya Yahya hal itu adalah setan yang menjelma. "Setan itu mengikuti jalan pikirannya manusia," ujar dia.


alt

Kepercayaan akan Nyi Roro Kidul memang masih kental di masyarakat Indonesia, khususnya di Pulau Jawa dan Bali. Nyi Roro Kidul disebut sebagai sesosok roh atau dewi legendaris Indonesia yang sangat populer dikenal sebagai Ratu Laut Selatan (Samudra Hindia). Sosok ini secara umum disamakan dengan Kanjeng Ratu Kidul, meskipun menurut beberapa kalangan sebenarnya keduanya berbeda.

Dalam mitologi Jawa, Kanjeng Ratu Kidul merupakan ciptaan dari Dewa Kaping Telu yang mengisi alam kehidupan sebagai Dewi Padi (Dewi Sri) dan dewi alam yang lain. Sedangkan Nyi Roro Kidul mulanya merupakan putri Kerajaan Sunda yang diusir ayahnya karena ulah ibu tirinya.

Namun masyarakat cenderung menyamakan Nyi Roro Kidul dengan Kanjeng Ratu Kidul, meskipun dalam kepercayaan Kejawen, Nyi Roro Kidul adalah bawahan setia Kanjeng Ratu Kidul. Kedudukan Nyi Roro Kidul sebagai Ratu-Lelembut tanah Jawa menjadi cerita populer dalam cerita rakyat dan mitologi, selain juga dihubungkan dengan kecantikan putri-putri Sunda.

> 3 Ulama Indonesia yang Jadi Imam di Masjidil Haram Mekkah

> Wirda Mansur Mimpi Bertemu Rasulullah dan Abu Bakar, Dimarahi karena tak Mau Menghafal Alquran

> Guntur Romli Sebut Pemukul Ade Armando adalah Preman yang Suka Bawa-Bawa Agama

> Pendeta Saifudin Ibrahim Sebut Gus Dur tidak Pernah Sholat

> Berburu Janda Pejabat Belanda di Batavia, Orang Tionghoa Cari PSK di Mangga Besar

> Humor Cak Nun: Soal Rokok Muhammadiyah Terbelah Jadi Dua Mahzab

> Cak Nun: Yang Mengatur Hujan Bisa Tuhan, Wakil-Wakil Tuhan, atau Makhluk Seperti Jin dan Manusia

> Humor Gus Dur: Biarkan Pendemo Lempari Rumah Soeharto, Paling Kacanya Pecah

> Humor Gus Dur: Deheman Kiai Bikin Santri yang Ketahuan Mencuri Ikan Nyaris Ngompol

> Humor Gus Dur: Pendeta Baptis Mobil Kiai, Dibalas Kiai Sunat Motor Pendeta

> Pak AR Ingin Daftar Jadi Mahasiswa Malah Diminta Jadi Dosen Agama Islam

> Asal Usul Nama-Nama Tempat di Jakarta: Dari Ancol Sampai Kampung Ambon

.

Topik Menarik