Bikin Bangga, Rumah Angklung Diundang AC Milan Tampil di Italia

Bikin Bangga, Rumah Angklung Diundang AC Milan Tampil di Italia

Nasional | apahabar.com | Rabu, 13 April 2022 - 23:05
share

apahabar.com, JAKARTA-Salah satu klub elit Liga Italia, AC Milan, mengapresiasi lagu berjudul Milano Siamo Noi karya Rumah Angklung Bandung.

Milano Siamo Noi mengisahkan kebahagiaan Milanisti (sebutan penggemar fanatik AC Milan), ketika klub kebanggaan mereka kembali lolos ke Liga Champions setelah absen tujuh tahun.

Lagu yang rampung dibuat pertengahan 2021 itu ternyata diterima Milanisti, sekaligus diunggah ulang AC Milan melalui semua platform sosial media.

Tidak hanya diunggah lewat media sosial, Rumah Angklung diundang AC Milan untuk tampil langsung di Casa Milan di Italia. Pementasan ini dijadwalkan berlangsung pertengahan April 2022.

Diketahui Casa Milan adalah kompleks sejumlah bangunan milik AC Milan yang meliputi Mondo Milan Museum, Milan Store, kantor penjualan tiket dan Casa Milan Bistrot.

Direncanakan penampilan Rumah Angklung akan direkam AC Milan Media House, selanjutnya dipublikasikan di sosial media AC Milan.

"Sejujurnya direspons melalui sosial media saja sudah senang sekali, apalagi dikirim undangan langsung oleh AC Milan," papar President of Rumah Angklung Indonesia, Arny Dulishaputri, seperti dilansir Antara, Rabu (13/4).

Sebenarnya ini bisa menjadi pengingat bahwa Indonesia bisa dilihat dan dihargai oleh dunia secara positif dengan menggunakan seni budaya sendiri. Tinggal cara berkreasi dan berinovasi, tegasnya.

Diawali Aransemen Ulang

Apresiasi AC Milan terhadap Rumah Angklung sedianya sudah sejak 2018. Diawali ketika mereka mengaransemen ulang anthem AC Milan berjudul Milan Milan (Inno AC Milan) menggunakan angklung.

Awalnya arasemen ulang itu mendapat respon positif Milanisti Indonesia, timpal sahut Arif Sarifudin, founder Rumah Angklung.

Ternyata tak lama berselang, aransemen ulang tersebut juga diunggah ulang AC Milan melalui akun Instagram resmi klub di Hari Musik Dunia, tandas salah seorang penggemar AC Milan ini.

Angklung sebagai salah satu kekayaan budaya Indonesia, telah diakui UNESCO sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia sejak 16 November 2010.

Sejak beberapa tahun belakangan, pertunjukan musik angklung pun mulai menembus dunia internasional. Salah satunya ditampilkan dalam peringatan ke-69 UNESCO, hingga Jambore Pramuka Dunia 2011.

Sementara Rumah Angklung berdiri sejak 2011 oleh Arif Sarifudin dan Arny Dulishaputri. Berbagai prestasi telah dicapai antara lain tampil di Worldcup of Folklore 2019.

Mereka juga pernah mengajak 1.500 tenaga kesehatan dan pasien Covid-19 untuk bermain angklung di RSDC Wisma Atlet.

Topik Menarik