Bikin Anthem Lewat Angklung, Klub AC Milan Undang Rumah Angkung ke Casa Milan

Bikin Anthem Lewat Angklung, Klub AC Milan Undang Rumah Angkung ke Casa Milan

Nasional | sindonews | Rabu, 13 April 2022 - 19:14
share

JAKARTA - Keberhasilan Rumah Angklung dalam mempromosikan angklung ke mancanegara terbukti sukses. Juara 7 kali Liga Champion, AC Milan secara terbuka mengundang rumah angklung ke tempat latihan AC Milan, Italia.

Founder Rumah Angklung, Arif Sarifudin menuturkan undangan itu tanpa sebab. Ia yang merupakan Milanisti, pendukung tim AC Milan ini mencoba memberikan dukungan lewat arransemen lagu anthem AC Milan yang berjudul Milan Milan (Inno AC Milan) di 2018 menggunakan angklung.

"Setelah di posting di media sosial. Ternyata dapat respons positif dari Milanisti Indonesia yang kemudian masuk diposting oleh Instagram resmi AC Milan saat hari musik dunia," katanya.

Selanjutnya di 2021, Rumah Angklung dan Milanisti Indonesia mengeluarkan single berjudul Milano Siamo Noi sebagai hadiah spesial untuk AC Milan yang kembali masuk ke kompetisi Liga Champion setelah absen selama 7 tahun. Karya ini kembali diapresiasi, dan AC MIlan memposting melalui akun sosial media mereka.

Kini di April kembali dikejutkan setelah manajemen AC Milan dengan datangnya undangan untuk tampil secara langsung di Casa Milan. Penampilan Rumah Angklung akan direkam AC Milan Media House yang kemudian rencananya akan dipublish di sosial media AC Milan.

President Of Rumah Angklung Indonesia, Arny Dulishaputri mengaku terkejut terlebih undangan sendiri di kirim langsung oleh manajemen AC Milan. Rencananya setelah sampai di Milan, pihaknya akan membuat video clip Milano Siamo Noi dengan latar belakang AC Milan.

"Salut banget sama AC Milan yang sangat mengapresiasi fans mereka. Sebenarnya ini bisa jadi pengingat kita bahwa Indonesia bisa dilihat dan dihargai oleh dunia secara positif dengan menggunakan seni budaya kita sendiri," katanya.

Sementara itu, Marshel Widianto dan Oki Rengga, standup comedyan sekaligus member Milanisti Indonesia juga turut bangga dengan pencapaian Rumah Angklung. Mereka sangat mendukung prestasi ini.

"Keren banget sih teman-teman dari Rumah Angklung. Mereka tuh konsisten dengan yang mereka kerjakan sampe akhirnya diundang AC Milan. Itu wow banget! Prestasi kayak gini, keterlaluan sih kalau engga kita dukung. Saya rencananya ikut dukung mereka bareng - bareng di Milan. Semua yang dikerjakan dari hati pasti sampai pesannya dan teman - teman Rumah Angklung sudah melakukan itu. Sampai ketemu di San Siro nanti! Forza Milan!," tambah Oki Rengga.

Rumah Angklung terbentuk sejak 2011 yang berawal dari komunitas anak-anak muda yang peduli terhadap pelestarian dan pengembangan budaya Indonesia, khususnya Angklung. Didirikan oleh Arif Sarifudin dan Arny Dulishaputri, Rumah Angklung terus konsisten dengan program - programnya yang ingin menjadikan Angklung sebagai sebuah kebanggaan.

Berbagai kegiatan dan prestasi telah mereka raih seperti mendapatkan Grandprix pada "Worldcup of Folklore 2019" di Jesolo, Italia dan pada 2021 lalu berhasil mengajak 1.500 tenaga kesehatan dan pasien Covid-19 untuk bermain Angklung di RSDC Wisma Atlet.

Topik Menarik