Polrestabes Bandung Siapkan 33 Pos Pengamanan Mudik Lebaran

Polrestabes Bandung Siapkan 33 Pos Pengamanan Mudik Lebaran

Nasional | jawapos | Rabu, 13 April 2022 - 19:37
share

JawaPos.com Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Bandung, Jawa Barat, siapkan sebanyak 33 pos pengamanan dan pelayanan yang tersebar di berbagai titik. Hal tersebut guna mengamankan arus mudik Lebaran tahun ini.

Kepala Bagian Operasi Polrestabes Bandung AKBP Asep Pujiono mengatakan, pos itu disiapkan karena pada Lebaran tahun ini jumlah pemudik diprediksi meningkat dibandingkan dua tahun sebelumpandemi Covid-19.

Dua tahun masyarakat tidak mudik dan sekarang diperbolehkan. Pasti banyak yang akan berangkat mendekati H-7. Kami akan menggelar kekuatan baik personel maupun pos-pos yang harus disiapkan, kata Asep seperti dilansir dari Antara di Bandung, Rabu (13/4).

Menurut dia, personel kepolisian saat Operasi Ketupat 2022 akan diterjunkan ke sejumlah titik ramai, seperti bandara, stasiun, dan terminal, untuk menjaga keamanan para pemudik. Adapun sejumlah pos pengamanan itu ada yang dipasang di beberapa ruas jalan dan tol. Pos-pos itu difungsikan untuk menjadi tempat istirahat para pemudik.

Rekayasa lalu lintas kami rencanakan di arah Lembang. Terkait batas-batasnya, akan kami koordinasikan bersama wilayah terdekat untuk mengetahui titik-titik padat di sana, tutur Asep Pujiono.

Asep mengimbau para pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua atau empat untuk memastikan batas kapasitas penumpang. Apalagi bawa barang-barang dalam jumlah besar dan banyak sampai meluap, itu dilarang. Kita akan melakukan imbauan-imbauan ini kepada masyarakat, papar Asep Pujiono.

Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sediakan 7.000 unit bus untuk mengangkut masyarakat yang akan mudik pada Idul Fitri 1443 Hijriah atau Lebaran 2022.

Kepala Bidang Keselamatan dan Ketertiban Transportasi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Asep Kuswara mengatakan, ribuan bus itu tengah dites kelaikannya oleh petugas guna memastikan keamanan dalam perjalanan mudik.

Sebanyak 7.000 bus akan diturunkan dalam mudik ini yang tersebar di wilayah barat yakni Leuwipanjang dan timur yakni Terminal Cicaheum, kata Asep.

Menurut dia, pemeriksaan dan inspeksi ( ramp check ) kelaikan armada angkutan mudik di Kota Bandung akan dilakukan pada Kamis (14/4). Pihaknya juga bakal berkoordinasi dengan kepolisian dan Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda).

Asep menambahkan, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap 20 bus di Terminal Leuwipanjang. Hasilnya, banyak armada yang tak layak jalan untuk digunakan perjalanan mudik. Hal itu terjadi karena banyak unit yang tidak beroperasi sejak larangan mudik diberlakukan dua tahun ke belakang karena pandemi Covid-19.

Contohnya itu banyak yang bermasalah di wiper atau pembersih kaca saat hujan. Meski sepele, tapi ini sangat dibutuhkan kalau hujan. Lalu ada juga kaca film. Harusnya tidak boleh pakai kaca film karena tidak aman. Atau lampu isyarat arah yang rusak, kata Asep.

Topik Menarik