Nadiem: Kurikulum Merdeka Tak Berhubungan dengan Sarana dan Prasarana

Nadiem: Kurikulum Merdeka Tak Berhubungan dengan Sarana dan Prasarana

Nasional | jawapos | Rabu, 13 April 2022 - 14:31
share

JawaPos.com Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menampik jika Kurikulum Merdeka memberatkan sekolah. Apalagi jika dikaitkan dengan sarana dan prasarana.

Nadiem mengatakan, banyak sekolah masih merasa tidak cocok dengan Kurikulum Merdeka. Salah satunya karena merasa sarana dan prasarana yang dimiliki masih minim.

Kurikulum Merdeka tidak ada hubungannya dengan sarana dan prasarana, kata Nadiem kepada wartawan, Rabu (14/3).

Nadiem menilai, Kurikulum Merdeka justru bisa meringankan sekolah dengan pembelajaran yang lebih simpel. Tidak terbebani dengan banyaknya mata pelajaran yang harus dijalani.

Kurikulum Merdeka itu meringankan beban sekolah-sekolah yang tidak punya sarana prasarana, tapi harus dijejali begitu banyak materi konten. Sedangkan Kurikulum Merdeka jauh lebih ringkas jumlah kontennya, jelasnya.

Oleh karena itu, kata Nadiem, Kurikulum Merdeka tidak ada hubungannya dengan sarana dan prasarana. Sehingga sekolah tidak perlu khawatir terkait hal itu.

Kita mau semua sekolah punya akses internat, masalah sarana prasarana bagus ruangnya itu tidak berdampak pada Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka itu suatu filosofi bukan suatu hal yang butuh peralatan, tandasnya.

Topik Menarik