Dinas Perdagangan Madiun Tarik Kinder Joy, Diduga Ada Bakteri

Dinas Perdagangan Madiun Tarik Kinder Joy, Diduga Ada Bakteri

Nasional | genpi.co | Rabu, 13 April 2022 - 09:30
share

GenPI.co Jatim - Dinas Perdagangan Kota Madiun, meminta pengelola toko untuk menarik sementara penjualan produk telur cokelat merek Kinder Joy dari pasaran.

Hal ini dilakukan karena produk tersebut diduga terkontaminasi bakteri Salmonella, sesuai hasil keputusan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Analis Perdagangan Ahli Muda Dinas Perdagangan Kota Madiun, Tri Prasetyaningrum mengatakan permintaan penarikan produk jajanan anak tersebut dilakukan dengan melakukan pemantauan di toko-toko modern di wilayah Kota Madiun.

"Hasilnya, masih banyak toko modern yang memajang produk tersebut di etalase untuk dijual. Kami lakukan sosialisasi agar ditarik sementara karena beerdasarkan keputusan BPOM, produk tersebut diduga terkontaminasi bakteri berbahaya," ujar Tri Prasetyaningrum, Selasa (12/4).

Menurut dia, penarikan tersebut menyusul penerbitan peringatan publik oleh Food Standard Agency (FSA) Inggris pada 2 April 2022, dimana menemukan keterkaitan dengan wabah Salmonella pada produk itu di sejumlah negara.

Berdasarkan keterangan BPOM, penarikan sementara itu dilakukan sampai produk itu dipastikan tidak mengandung cemaran bakteri Salmonella.

"Dari pemantauan tim di lapangan, masih ada mini market yang menyediakan produk Kinder Joy di etalase. Untuk itu, kami minta segera ditarik sampai ada keputusan dari hasil tes yang dilakukan BPOM," kata dia.

Penarikan tersebut berlaku terhadap seluruh produk Kinder. Selain Kinder Joy, penarikan sementara juga dilakukan pada produk Kinder Bueno sebagai antisipasi.

Tri mengungkapkan, hasil koordinasi dengan BPOM Surabaya, produk Kinder Joy yang beredar di pasaran Indonesia diproduksi oleh Ferrero India PVT, LTD. Meski begitu, pemeriksaan laboratorium tetap dilakukan untuk memastikan keamanan produk.

Sebelum Indonesia, produk telur cokelat Kinder sudah ditarik dari peredaran di sejumlah negara karena kekhawatiran terkontaminasi bakteri salmonella.

Sejumlah negara itu adalah Belgia, Inggris, Irlandia, Perancis, Jerman, Belanda, Swedia, Amerika Serikat (AS), Spanyol, dan Singapura. Adapun negara-negara dengan kemungkinan terdapat kasus salmonella yang dikonfirmasi adalah Perancis, Irlandia, Belgia, Jerman, Luksemburg, Belanda, Swedia dan Norwegia. (ant)

Video heboh hari ini:

Topik Menarik