Kelola DAK Fisik 2021 dengan Baik, Pemkab Lotim Raih Penghargaan Kemenkeu

Kelola DAK Fisik 2021 dengan Baik, Pemkab Lotim Raih Penghargaan Kemenkeu

Nasional | lombokpost | Selasa, 12 April 2022 - 15:00
share

SELONG -Pemerintah Kabupaten Lombok Timur dinilai mampu mengelola Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun 2021 dengan baik oleh Kementerian Keuangan RI. Penilaian tersebut disampaikan melalui pemberian piagam penghargaan dengan predikat terbaik I kinerja pengelolaan DAK Fisik 2021 yang diserahkan oleh perwakilan Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan (DJPb) NTB di Pendopo Bupati Lotim, Senin (11/4).

Usai menerima penghargaan tersebut, Bupati Lotim HM Sukiman Azmy menerangkan, DAK dapat memenuhi pelayanan dasar ke masyarakat. Baik dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur dasar yang baik.

Menurut dia, koordinasi dan konsultasi yang dekat menjadikan kerja kolaboratif antara Kemenkeu dan pemerintah daerah sangat efisien. Koordinasi yang baik menjadi keharusan dalam melaksanakan anggaran yang baik.

Melalui kesempatan tersebut, Sukiman berharap Kementerian Keuangan tidak bosan memberikan arahan, dan bimbingan, bahkan teguran. Karena penyaluran dana transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) disebut sangat dapat meningkatkan serta mewujudkan pemerataan pembangunan daerah.

Juga pemulihan ekonomi masyarakat pascapandemi Covid-19, tutur mantan Dandim 1615/Lotim itu.

Diterangkan juga, penyaluran dana transfer ke daerah dan dana desa sejatinya sejalan dengan prinsip desentralisasi. Dana transfer tersebut menjadi sarana untuk percepatan pembangunan berbasis pemerataan di kabupaten Lombok Timur, ujar Bupati Lotim dua periode itu.

Perwakilan Kanwil DJPb NTB Hadiyanto dalam kesempatan tersebut mengapresiasi pencapaian Lombok Timur sejauh ini. Tidak hanya dalam pengelolaan keuangan, tapi juga komitmen dalam menjaga koordinasi dengan Kementerian Keuangan. (tih/r5)

Topik Menarik