Kenikmatan Bandeng Olahan dengan Bumbu Khas Bawean

Kenikmatan Bandeng Olahan dengan Bumbu Khas Bawean

Nasional | jawapos | Selasa, 12 April 2022 - 12:30
share

JawaPos.com- Daerah yang melimpah dengan ikan bandeng tentu memiliki beragam varian olahan makanannya. Seperti bandeng olahan Warung Godong Gedang di Desa Kedanyang, Kebomas, ini. Menu andalan bandeng bakar daun pisang dipadukan dengan cara pengolahan khas Bawean menjadi sensasi kuliner tersendiri.

Menu ini sangat menarik untuk berbuka puasa dengan keluarga. Apalagi, lokasi warung outdoor berkonsep taman sangat cocok untuk menikmati bandeng bakar ini.

Cara membuatnya pun simpel. Bandeng yang masih segar dilumuri dengan bumbu khas Bawean. Tapi, berbeda dengan olahan di tanah Jawa, bandeng ini dibakar dengan cara Bawean.

Setelah dilumuri bumbu yang berwarna oranye itu, bandeng dibungkus dengan daun pisang. Barulah bandeng dibakar hingga aromanya menusuk hidung.

Owner Warung Godong Gedang Hilal mengungkapkan, sebetulnya orang Bawean membakar ikan dengan menggunakan tongkol. Tapi, karena saat ini tongkol susah dicari, akhirnya bandeng yang dipilih. Namun, rasanya pun tidak kalah nikmat.

Bumbu khas Bawean dipadukan dengan aroma daun pisang sangat menggoda. Meski bumbunya berwarna oranye segar, bumbu khas Bawean ini tidak pedas. Bagi para penikmat pedas, ada sambal juga yang disediakan.

Hilal mengatakan, selain menu bakar khas Bawean, terdapat hal unik yang jarang ditemui. Yakni, bandeng bakar daun pisang itu disandingkan dengan nasi yang juga sudah diberi bumbu.

BUMBU BANDENG

BUMBU NASI

Sumber: Warung Godong Gedang

Topik Menarik