Mudik Lebaran, Basarnas Siagakan Lima Heli di Sepanjang Tol Trans Jawa

Mudik Lebaran, Basarnas Siagakan Lima Heli di Sepanjang Tol Trans Jawa

Nasional | jawapos | Senin, 11 April 2022 - 17:13
share

JawaPos.com Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan(Basarnas) siap kerahkan lima helikopter bantu mengatasi kondisi darurat di sepanjang ruas tol Trans Jawa saat arus mudik Lebaran tahun ini.

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi di Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang mengatakan, mudik Lebaran tahun ini diperkirakan akan terjadi besar-besaran. Itu setelah dua tahun warga diimbau tidak pulang kampung.

Lima helikopter disiagakan dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Cikampek, hingga Merak, kata Henri Alfiandi seperti dilansir dari Antara , Senin (11/4).

Secara keseluruhan, kata dia, 4.029 personel Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan siap diterjunkan pada masa mudik Lebaran. Yakni mulai 25 April hingga 11 Mei.

Dia menyebutkan, personel sebanyak itu juga akan didukung tambahan tenaga dari personel lain. Tidak ada personel Basarnas yang cuti saat Lebaran, ujar Henri Alfiandi.

Dia menambahkan, kerawanan lain yang mungkin terjadi saat Lebaran yakni di tempat-tempat wisata yang akan ramai dikunjungi. Pada hari kedua Lebaran biasanya masyarakat akan memadati tempat-tempat wisata, tutur Henri Alfiandi.

Oleh karena itu, lanjut dia, potensi terjadinya kondisi darurat di seluruh tempat wisata juga menjadi perhatian Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan. Menghadapi arus mudik, dia mengimbau masyarakat yang akan pulang kampung untuk selalu waspada dan berhati-hati serta menghubungi nomor kontak 115 jika mengalami kondisi kedaruratan.

Topik Menarik