Loading...
Loading…
Jalan Suko Gemulung Sempit dan Minim Penerangan

Jalan Suko Gemulung Sempit dan Minim Penerangan

Nasional | radarjogja | Senin, 11 April 2022 - 08:23

RADAR JOGJA Kondisi Jalan Suko Gemulung sempit dan minim penerangan. Padahal, jalan tersebut merupakan akses utama menuju destinasi wisata di Kapanewon Kokap. Seperti Waduk Sermo, Kalibiru, Pule Payung, dan Canting Mas.

Kondisi ini pun mendapat sorotan dari kalangan legislatif. Seperti anggota DPRD Kulonprogo Fraksi Partai Golkar Widiyanto yang mendesak adanya pelebaran jalan. Minimal di setiap tikungan bahu jalan. Agar bisa dilalui kendaraan roda empat.

Selain itu, dia pun mendesak adanya pemasangan penerangan jalan umum (PJU). Mengingat kondisi jalan yang sepi dan gelap. Jika dua hal tersebut tidak segera ditangani, dikhawatirkan akan membahayakan keselamatan dan keamanan pengendara. Terlebih saat malam hari. Sepanjang hampir dua kilometer sangat memprihatinkan, tegasnya saat dikonfirmasi wartawan kemarin (10/4).

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUKP) Kulonprogo Gusdi Hartono mengatakan, anggaran pembangunan infrastruktur cukup minim selama dua tahun terakhir. Sebab terdampak refocusing anggaran untuk percepatan penanganan Covid-19. Sehingga, pembangunan infrastruktur lebih mengutamakan skala prioritas yang sifatnya mendesak.

Dia pun menjelaskan, tahun ini DPUKP Kulonprogo mendapat alokasi anggaran sebesar Rp 80 miliar. Namun hanya akan dialokasikan kepada enam bidang pokok, unit pelaksana teknis hingga persampahan dan rusunawa. Di tahun ini pula, dinas juga akan berfokus terhadap perbaikan jalan kabupaten yang rusak parah. Akibat dilalui kendaraan pengangkut tambang pasir dan batu. Kami memahami kebutuhan infrastruktur jalan menuju objek wisata, namun jalan kabupaten juga rusak parah, ucap Gusdi. (inu/eno)

Original Source

Topik Menarik

{
{
{