Mengenal Nuzulul Quran dan Amalannya

Mengenal Nuzulul Quran dan Amalannya

Nasional | jawapos | Minggu, 10 April 2022 - 22:27
share

JawaPos.com Nuzulul Quran menjadi salah satu peristiwa bersejarah untuk umat islam. Peristiwa ini dikenal sebagai malam turunnya Alquran untuk pertama kali kepada nabi Muhammad SAW dari malaikat Jibril pada 610 masehi.

Wahyu dari Allah SWT pertama kali diterima nabi saat berada di Gua Hira, di kaki Jabal Nur, dekat Makkah, Arab Saudi. Peristiwa ini diyakini oleh banyak pihak terjadi pada 17 Ramadan. Adapula yang menyenutkan terjadi pada 21 Ramadan sebelum matahari terbit.

Dasar peringatan nuzulul quran di tanggal 17 Ramadan berdasarkan Alquran surat al-Anfal: 41:

Artinya: Ketahuilah, sesungguhnya apa saja yang dapat kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka sesungguhnya seperlima untuk Allah, Rasul, kerabat Rasul, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan ibnussabil, jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqaan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 185 juga dijelaskan jika nuzulul quran diturunkan pada bulan Ramadan. Surat pertama yang diturunkan kepada nabi yaitu Al Alaq ayat 1-5. Ayat-ayat Alquran selanjutnya diturunkan secara bertahap kepada nabi selama 22 tahun 2 bulan dan 22 hari.

Pada malam nuzulul quran dianjurkan umat islam memperbanyak ibadah. Seperti memperbanyak membaca Alquran agar mendpaat syafaat pada hari kiamat. Sedangkan amalan lainnya yaitu zikir, berdoa, melaksanakan salat malam hingga beritikaf.

Selanjutnya dianjurkan membaca doa nuzulul quran sebagai berikut:

Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil quran, wa hassin amaalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaatil quraan.

Artinya: Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Al-Quran, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Alquran, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Al-Quran, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Al-Quran, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafaat Al-Quran.

Topik Menarik