Tahun Ini Masyarakat Boleh Mudik Lebaran Angin Segar Untuk Perekonomian Kita

Tahun Ini Masyarakat Boleh Mudik Lebaran Angin Segar Untuk Perekonomian Kita

Nasional | rm.id | Minggu, 10 April 2022 - 06:20
share

Keputusan Pemerintah mengizinkan masyarakat mudik Lebaran akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi. Pasalnya, konsumsi masyarakat bakal mengalami peningkatan, sehingga berpengaruh terhadap upaya pemulihan ekonomi nasional.

Kenaikan konsumsi masyarakat ini juga tak lepas dari kelonggaran yang diberikan Pemerintah. Saat ini, Pemerintah membolehkan pusat perbelanjaan buka dengan protokol kesehatan (prokes).

Staf Khusus Bidang Infrastruktur, Energi dan Investasi Kepala Staf Kepresidenan, Bambang Prihartono memprediksi, pertumbuhan perekonomian nasional bakal meningkat. Sejalan dengan keputusan Pemerintah yang mengizinkan warga mudik.

Mudik Lebaran tahun ini harus dijadikan momen pemulihan ekonomi yang sudah terpuruk selama pandemi hampir dua tahun lebih, kata Bambang dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (8/4).

Bambang mengatakan, masyarakat saat ini sudah taat dan mematuhi prokes ketat selama dua tahun belakangan. Selain itu, kata Bambang, kekebalan kolektif masyarakat juga sudah tercapai.

Bambang mengakui, di tengah kondisi ekonomi yang sempat anjlok, terlihat pertumbuhan ekonomi nasional sudah mulai menggeliat kembali.

Seperti meningkatnya harga energi, tentu akan memberikan dampak positif bagi perbaikan ekonomi.

Kendati begitu, Bambang mengakui, kondisi daya beli masyarakat masih cenderung lemah.

Namun, mantan Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) ini berharap, dalam situasi tersebut tidak membuat niat para pemudik pulang kampung menjadi surut.

Karena itu, masyarakat diberi kebebasan memilih moda transportasi yang paling terjangkau untuk mudik, jelasnya.

Menurutnya, walaupun ada kenaikan harga bahan bakar, sebagian subsidi yang diperuntukkan bagi bahan bakar bisa dialihkan ke subsidi untuk mudik Lebaran.

Yakni dengan menerapkan konsep BTS ( Buy The Service ) selama mudik Lebaran, ujarnya.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Perhubungan Denon Prawiraatmadja optimistis, kebijakan mudik tahun ini memberikan keleluasaan bagi industri transportasi untuk bertumbuh kembali. Pelonggaran kebijakan untuk mudik juga akan membantu ekonomi tumbuh lebih baik.

Namun, Denon menyebut, untuk tumbuh ke level sebelum pra pandemi, tentunya akan membutuhkan waktu. Lantaran pada awal tahun ini, industri transportasi baru memulai tren pergerakan.

Harapannya, segera kembali seperti sebelum Covid-19 secara bertahap. Industri penerbangan diharapkan pada 2024 pulih total, harapnya.

Sementara, Koordinator Wakil Ketua Umum Kadin IV Bidang Peningkatan, Kualitas Manusia, Ristek dan Inovasi Carmelita Hartoto menyambut positif atas kebijakan diperbolehkannya mudik.

Menurutnya, pergerakan industri transportasi penumpang baik pribadi dan dan umum, diharapkan naik. Termasuk untuk kapal penyeberangan.

Karena banyak yang mudik, maka pergerakan ekonomi di daerah meningkat. Permintaan barang konsumsi juga meningkat yang berdampak transportasi barang juga akan naik, ekonomi di daerah juga bertumbuh, katanya. [KPJ]

Topik Menarik