Kenapa Mulut Sering Bau saat Berpuasa?

Kenapa Mulut Sering Bau saat Berpuasa?

Nasional | reqnews.com | Sabtu, 9 April 2022 - 07:10
share

JAKARTA, REQnews - Masalah yang banyak dialami oleh orang-orang yang sedang menjalankan ibadah puasa adalah bau mulut tidak sedap. Apa sebabnya ya?

Menurut para pakar kesehatan, sebenarnya bau mulut saat berpuasa adalah hal yang biasa. Hanya saja, kondisi itu membuat banyak orang jadi tak percaya diri.

Tapi jangan khawatir, karena dengan mencari tahu sebabnya, kamu bisa mengantisipasi bau mulut, paling tidak agar aromanya tak terlalu menyengat bagaikan tak sikat gigi berhari-hari ya.

Inilah alasan bau mulut terjadi, ketika seseorang sedang berpuasa, seperti dikutip dari Halodoc .

1 Berkurangnya Produksi Air Liur

Kurangnya produksi air liur di mulut terjadi karena asupan cairan yang minim selama berpuasa. Padahal, air liur adalah cairan pembersih alami yang mengandung enzim untuk melindungi mukosa mulut, juga sebagai sistem imun pengadang bakteri serta virus.

Karena kurangnya air liur, rongga mulut jadi kering dan bakteri mudah berkembang pada lidah juga gigi. Akibat lanjutannya, menimbulkan aroma tidak sedap.

2. Kesehatan Gigi dan Asam Lambung

Selain masalah air liur, bau mulut juga terjadi karena gigi yang tak sehat. Kemudian, gangguan asam lambung juga ikut berpengaruh pada aroma yang keluar dari mulut.

3. Gangguan Pencernaan

Bau busuk seperti makanan basi keluar dari mulut akibat gangguan pada kesehatan pencernaan. Ada cairan pencernaan yang tetap keluar meski tidak ada asupan makanan, dan berpengaruh pada lapisan perut hingga mengakibatkan munculnya bau.

Selain itu, proses metabolisme menggunakan cadangan lemak dalam tubuh melepaskan bahan kimia berupa keton yang keluar bersamaan dengan keluarnya napas.

Cara Mengatasi Bau Mulut saat Berpuasa

Topik Menarik