BMKG Sebut Indeks ENSO di NINO, Prakiraan Cuaca Bali Hari Ini

BMKG Sebut Indeks ENSO di NINO, Prakiraan Cuaca Bali Hari Ini

Nasional | genpi.co | Sabtu, 9 April 2022 - 06:00
share

GenPI.co Bali - BMKG sebut periode musim hujan telah tiba karena adanya indeks ENSO di NINO 3,4 adalah -0,59. Berikut prakiraan cuaca di Bali hari ini, Sabtu (09/04/22).

Belakangan, hampir semua wilayah di Indonesia acapkali diterpa cuaca kurang bersahabat.

Tidak terkecuali Pulau Dewata tentunya seringkali adanya hujan baik itu dengan intensitas ringan hingga berat membuat aktivitas masyarakat terganggu.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kondisi seperti ini khususnya di Bali disebabkan oleh indeks ENSO di NINO.

"Wilayah Bali sedang dalam periode hujan. Indeks ENSO di Nino 3,4 adalah -0,59. Faktor ini secara signifikan meningkatkan potensi hujan di Indonesia," tulis lembaga terkait.

Nah, gara-gara ini pula, prakiraan cuaca umum untuk hari ini, Sabtu (09/04/22) kabarnya bakal cerah berawan dan berpotensi hujan ringan.

"Cuaca secara umum cerah berawan dan berpotensi hujan ringan-sedang di wilayah Bali bagian utara, tengah, dan selatan," tulis lembaga terkait.

Tak cuma peringatkan soal potensi cuaca buruk, adanya gelombang tinggi juga patut diwaspadai setidaknya hingga 10 April 2022 mendatang.

"Waspada potensi tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, Perairan selatan Bali, Selat Lombok, dan Samudera Hindia," tulis pernyataan itu.

Seperti yang dikatakan oleh BMKG, prakiraan cuaca di Bali hari ini dominan cerah berawan. Namun, tetap saja ada Indeks ENSO di NINO akan membuat cuaca bisa berubah sewaktu-waktu. (*)

Capture 9 april.PNG

Tonton Video viral berikut:

Topik Menarik