HMI MPO Curiga Aksi Mahasiswa 11 April Ditunggangi

HMI MPO Curiga Aksi Mahasiswa 11 April Ditunggangi

Nasional | rm.id | Jum'at, 8 April 2022 - 20:08
share

Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Majelis Penyelamat Organisasi (MPO) Ahmad Latupono curiga aksi mahasiswa 11 April ditunggangi. Par penunggang tersebut akan memanfaatkan aksi itu.

"Penumpang gelap yang saya duga adalah kelompok yang tidak puas dibubarkan oleh Pemerintah, maupun kubu politik yang memiliki agenda terselubung. Soalnya, banyak bertebaran meme ajakan yang memprovokasi, dari tingkat anak STM, mahasiswa hingga kelompok buruh," tutur Ahmad Latupono dalam rilisnya, Jumat (8/4).

Ajakan ini, kata dia, juga bermunculan di beberapa WhatsApp Group kelompok yang terafiliasi dengan organisasi terlarang. Meme memuat narasi dengan menuntut Jokowi turun sebagai Presiden.

Dia menyakini, ada dalang yang sengaja menunggangi dengan memprovokasi masyarakat. Dari kalangan pelajar, mahasiswa, hingga pekerja untuk turun ke jalan besar-besaran.

"Sangat masif dan terstruktur sekali seperti disengaja, dengan tujuan meningkatkan ketidakpercayaan kepada Pemerintah hingga pesan penurunan Jokowi," herannya.

Padahal, tuntutan soal penundaan Pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden, Jokowi tegasmemerintahkan menterinya untuk tidak lagi bicara isu ini.

"Presiden sudah sampaikan hentikan wacana tunda Pemilu, hingga tiga periode. Jadi tidak relevan lagi tuntutan aksi 11 April 2022 itu soal tunda Pemilu atau Jokowi tiga periode. Pak Jokowi sudah mempertegas agar kubur dalam-dalam wacana tersebut," terangnya.

Merasa yakin atas pernyataan Jokowi tersebut, ia pun berharap wacana penundaan Pemilu 2024, perpanjangan masa jabatan presiden, serta presiden tiga periode yang berkembang dalam beberapa waktu terakhir terkubur. "Makanya patut dipertanyakan gerakan massa 11 April itu, qda pesanankah, kenapa terstruktur sekali?" tandasnya.

Diketahui, Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) berencana menggelar unjuk rasa di Istana Negara 11 April 2022 dengan tuntutan menolak perpanjangan masa jabatan presiden dan penundaan Pemilu 2024. [ BSH ]

Topik Menarik