Janji Brigjen Iwan Setiawan Usai Resmi Menjabat Danjen Kopassus

Janji Brigjen Iwan Setiawan Usai Resmi Menjabat Danjen Kopassus

Nasional | law-justice.co | Jum'at, 8 April 2022 - 18:19
share

Posisi Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) resmi diduduki olehBrigjen Iwan Setiawan. Dia menggantikan Mayjen Widi Prasetijono, yang menjadi Pangdam IV/Diponegoro, Jawa Tengah.

Serah terima jabatan Danjen Kopassus digelar di Lapangan Upacara Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur (Jaktim), Jumat (8/4/2022). Acara serah terima pasukan diawali dengan aksi drum band.

Setelah itu, pasukan masuk bersama dan berbaris di lapangan. Brigjen Iwan Setiawan dan Mayjen Widi Prasetijono kemudian memasuki lapangan upacara dari Gedung Sarwo Edhie Wibowo. Keduanya langsung menuju podium yang berada di depan pasukan.

"Sebagaimana kita ketahui bersama pada pagi tadi telah dilaksanakan sertijab Danjen Kopassus di Mabesad. Sore ini dilanjutkan tradisi upacara penyerahan satuan Kopassus dari saya, kepada Brigjen TNI Iwan Setiawan. Oleh karena itu, sebagai konsekuensi dari sertijab tersebut, pada hari ini saya perlu menyerahkan satuan Kopassus secara resmi kepada pengganti saya yang disaksikan bersama oleh seluruh anggota Kopassus yang hadir," ujar Widi.

Widi mengatakan menjadi Danjen Kopassus ke-34 selama kurang lebih dua bulan terakhir. Mayjen Widi berterima kasih atas loyalitas dan kinerja seluruh pasukan Kopassus.

"Jadilah prajurit Kopassus yang punya jiwa korsa yang tinggi, loyalitas dan setia kepada pimpinan, kawan, dan anak buah. Karena hal itu merupakan kekuatan yang utama sebagai prajurit Kopassus. Akhirnya besar harapan saya semoga Kopassus ke depan akan semakin baik dan terus berprestasi berikan karya terbaik dalam harapan nama besar Kopassus Angkatan Darat dan TNI," ujarnya.

Brigjen Iwan Setiawan mengaku siap memimpin jajaran Kopassus. Iwan mengatakan akan berusaha membuat pasukan Kopassus menjadi lebih tangguh.

"Saya siap memimpin dan melayani seluruh anggota untuk melakukan yang terbaik bagi bangsa dan negara yang sangat kita cintai bersama. Saya akan bekerja dengan prinsip kehormatan sebagai dasar," kata Iwan.

"Saya mohon dukungan, bantuan, dan kerja samanya kepada seluruh prajurit serta PNS dalam pengabdian untuk menegakkan kedaulatan NKRI, mempertahankan keutuhan wilayah berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap bangsa Indonesia dengan terus melaksanakan profesionalisme prajurit yang modern dilandasi semangat juang yang tinggi," sambungnya.

Sebelumnya, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman memimpin sertijab sejumlah pejabat TNI AD. Brigjen TNI Iwan Setiawan resmi menjabat Danjen Kopassus. Acara serah terima jabatan berlangsung di Aula AH Nasution, Mabes AD, Jakarta Pusat, Jumat (8/4).

"Kepada pejabat baru, saya ucapkan selamat atas jabatan barunya. Ukir prestasi dan adakan peningkatan-peningkatan dari sebelumnya, terutama memberikan kontribusi yang positif kepada pemerintah dalam membangun bangsa dan negara ini," kata Dudung dalam sambutannya.

Dudung juga menyebut bahwa ke depan tantangan yang akan dihadapi semakin berat. Dia mengimbau para pejabat baru bisa meningkatkan profesionalisme prajurit. Ini bisa dilakukan melalui kegiatan latihan dan teritorial yang memberikan dampak signifikan dalam membantu kesulitan dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya ingin semua kegiatan yang kita lakukan berdampak positif bagi prajurit dan masyarakat, serta pemerintah baik pusat maupun daerah," pungkasnya.

Topik Menarik