Ramadhan adalah Bulan Diturunkannyan Alquran, Ini Tafsir Surat Al Baqarah 185

Ramadhan adalah Bulan Diturunkannyan Alquran, Ini Tafsir Surat Al Baqarah 185

Nasional | republika | Jum'at, 8 April 2022 - 15:29
share

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA Surat Al Baqarah ayat 185 menjelaskan dengan gamblang bahwa Alquran diturunkan pada Ramadhan.

Para ulama menetapkan bahwa Alquran diwahyukan pertama kali pada Lailatul Qadar (Malam Qadar), yaitu malam yang penuh kemuliaan dan penuh berkah, ini terjadi pada 17 Ramadhan. Hal ini dijelaskan dalam tafsir QS Al Baqarah: 185.

Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah.

Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.

Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur." (QS Al Baqarah ayat 185)

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, ayat ini menerangkan bahwa pada Ramadhan, Alquran diwahyukan. Berkaitan dengan peristiwa penting ini, ada beberapa informasi Alquran yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk menetapkan waktu pewahyuan ini.

Topik Menarik