Mencium Istri di Siang Hari Apakah Membatalkan Puasa? Begini Hukumnya

Mencium Istri di Siang Hari Apakah Membatalkan Puasa? Begini Hukumnya

Nasional | jawapos | Jum'at, 8 April 2022 - 00:34
share

JawaPos.com Tak hanya menahan haus dan lapar. Puasa hakikatnya meliputi menahan hawa nafsu, seperti syahwat yang kerap bergejolak. Terutama bagi pasangan suami istri yang baru menjalani ibadah pernikahan.

Karena kecenderungannya bersifat liar, maka dengan adanya ibadah puasa ramadan, umat muslim dilatih untuk bisa mengendalikan syahwat tersebut. Sehingga bisa mendapatkan nilai paripurna dari Allah SWT, atas ibadah puasa ramadan yang sedang dilakukan.

Sebagai pasangan suami istri, sudah pasti harus saling mencintai dan menyayangi satu sama lain. Oleh karena itu, biasanya akan diungkapkan dengan bahasa cinta seperti berciuman. Namun, pada saat kita sedang menjalani ibadah puasa, maka hal tersebut wajib diperhatikan agar tidak mengurangi bahkan membatalkan ibadah puasa kita.

Berciuman dengan suami atau istri, di siang hari saat berpuasa di bulan Ramadan, pada dasarnya tidak membatalkan puasa selama tidak disertai syahwat. Tetapi, apabila bisa berdampak menimbulkan syahwat, maka sebaiknya dihindari agar keutamaan dan pahala puasa tetap terjaga.

Dikutip dari NU Online, berikut hadits-hadits yang menjelaskan diperbolehkannya seseorang yang sedang menjalankan ibadah puasa mencium istri atau budaknya, dengan syarat tidak membangkitkan syahwat; Kadang-kadang Rasulullah s.a.w, mencium sebagian istri-istrinya, padahal Beliau sedang berpuasa, kemudian Aisyah r.a, tertawa. (Hadits Shahih, riwayat al-Bukhari: 1793 dan Muslim: 1851. Teks hadits riwayat al-Bukhari).

Rasulullah s.a.w. mencium dan mencumbu (dengan istrinya), padahal Beliau sedang berpuasa. Namun Beliau adalah orang yang paling kuat menahan syahwatnya di antara kamu sekalian. (Hadits Shahih, riwayat al-Bukhari: 1792 dan Muslim: 1854, teks hadits riwayat al-Bukhari).

Sebaiknya, karena umumnya manusia tidak mampu menahan syahwatnya seperti Rasulullah s.a.w, maka berciuman dan bercumbu di siang hari puasa hendaknya dihindari.

Topik Menarik