SMRC: Elektabilitas Prabowo Tertinggi di Antara Ketum Parpol

SMRC: Elektabilitas Prabowo Tertinggi di Antara Ketum Parpol

Nasional | republika | Kamis, 7 April 2022 - 15:01
share

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbaru. Hasilnya Jika pilpres diikuti oleh para ketua umum partai politik, maka Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, meraih elektabilitas tertinggi dengan 42,2 persen.

"Sampai saat ini belum ada tokoh pimpinan parpol yang mendekati elektabilitas Prabowo Subianto," kata Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas dalam paparannya secara daring, Kamis (7/4/2022).

Disusul di urutan kedua ada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 12,4 persen. Kemudian di urutan ketiga ada Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar dengan 6,1 persen.

"Sementara Surya Paloh baru memperoleh 4,6 persen, kemudian Puan Maharani 3,9 persen, Airlangga Hartarto 3,2 persen," ucapnya.

Sementara itu nama-nama lain seperti Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri dan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa masih di bawah 2 persen. Sedangkan masih ada 25, 5 persen yang belum menentukan pilihan.

"Demikianlah jika pemilu saat ini dan beliau-beliau yang maju maka Prabowo punya peluang besar untuk menang," tuturnya.

Untuk diketahui wawancara survei dilakukan pada 13-20 Maret 2022. Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling terhadap 1.220 responden. Response rate sebesar 1.027 atau 84 persen.

Survei SMRC menganalisa terhadap 1027 responden. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar plus minus 3,12 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Topik Menarik