9 Ciri-ciri Pubertas Anak Laki-laki yang Wajib Diketahui Orang Tua, Apa saja?

9 Ciri-ciri Pubertas Anak Laki-laki yang Wajib Diketahui Orang Tua, Apa saja?

Nasional | inewsid | Rabu, 6 April 2022 - 14:31
share

JAKARTA, iNews.id - Ciri-ciri pubertas anak laki-laki wajib diketahui oleh orang tua untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangannya. Ada apa saja? Simak di sini informasinya.

Melansir buku \'BPSC Ilmu Pengetahuan Alam\' karya Anita Nungki Ernawati, setiap orang akan mengalami yang namanya pertumbuhan dan perkembangan, termasuk pubertas. Adapun, pubertas adalah tanda anak telah memasuki usia remaja.

Apa Ciri-ciri Masa Pubertas Anak Laki-laki?

Ciri-ciri pubertas anak laki-laki adalah sebagai berikut

Sebagai informasi, masa pubertas menjadi masa di mana terjadi puncak pertumbuhan dan akan menjadi masa terakhir bagi anak tumbuh dan berkembang. Misalnya, mendukung pertumbuhan tinggi badan.

Namun, usia pubertas seorang anak berbeda-beda antara satu anak dengan yang lainnya. Bahkan, ciri-ciri pubertas anak perempuan dengan laki-laki berbeda dan berkaitan erat dengan kemampuan berkembang biak.

Biasanya, anak perempuan akan mengalami masa pubertas lebih cepat dibanding dengan anak laki-laki. Pubertas anak perempuan dimulai dari usia 8-13 tahun. Sedangkan, ciri-ciri pubertas anak laki-laki dari usia 10-16 tahun.

Topik Menarik