Loading...
Loading…
Tak Kelangkaan, Pertamina Pastikan Stok Pertalite di Kendari Aman

Tak Kelangkaan, Pertamina Pastikan Stok Pertalite di Kendari Aman

Nasional | telisik.id | Senin, 04 April 2022 - 17:52

KENDARI, TELISIK.ID - Akibat tingginya permintaan dan kebutuhan akan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite, mengakibatkan kelangkaan selama beberapa hari terakhir.

Namun PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, memastikan hal tersebut tidak akan terjadi. Di mana pasokan akan kembali tersedia, baik di Terminal BBM maupun di seluruh SPBU Kendari.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan, saat ini memang terjadi peningkatan konsumsi untuk jenis bahan bakar gasoline Pertalite RON 90, tetapi pihaknya menjamin, stok di Terminal BBM dan di SPBU dalam keadaan aman.

Pertamina memiliki sistem digitalisasi SPBU, kami pantau stok dalam keadaan aman, lonjakan konsumsi 10 kali lipat pun kami masih sanggup, ungkapnya.

Dirinya memastikan, stok dalam keadaan aman karena stok rata-rata harian terupdate dari TBBM Kendari untuk Pertalite di posisi 5.264 kilo liter, sementara konsumsi harian rata-rata di Kendari dan Konawe Raya untuk Pertalite hanya 358 kilo liter per hari.

Kami menggandeng Pemprov, Pemda, dan aparat untuk melakukan pengawasan, Pertamina Patra Niaga turut mengajak masyarakat, untuk ikut mengawasi pengunaan BBM tepat sasaran sesuai spesifikasi kendaraannya. Jika masyarakat menemukan adanya penyalah gunaan dalam distribusi BBM, agar dapat dilaporkan ke aparat berwenang," jelasnya.

Untuk itu, ia menghimbau, kepada konsumen agar menggunakan BBM sesuai peruntukannya, dan bijak memilih BBM sesuai spesifikasi mesin kendaraan.

Berdasarkan pantau kami di lapangan dan berinteraksi dengan konsumen, mereka yang loyal menggunakan Pertamax adalah yang mengetahui manfaat untuk mesin dan performa kendaraan. Konsumen Pertamax adalah konsumen yang setia, katanya.

Terpisah, salah satu pegawai SPBU tapak kuda, Wawan mengungkapkan untuk ketersediaan Pertalite masih dalam keadaan aman, dan setiap harinya stoknya selalu ada.

"Selalu ada stoknya setiap saat, hanya saja tidak seperti bahan bakar Pertamax, untuk Pertalite sendiri itu sangat mudah habis, palingan malam itu sudah kosong lagi. Hal ini dikarenakan, banyaknya para pengendara yang membeli," ucapnya.

Menanggapi terkait kosongnya pertalite di beberapa SPBU, kata dia, karena di hari Minggu itu tidak dilakukan pengisian. Sehingga ketersediaan pada hari weekend tersebut, adalah sisa di hari sebelumnya.

"Pengisian itu hanya dilakukan dari hari Senin-Sabtu, dan Minggu itu tidak ada pengisian. Jadi kekosongan yang terjadi di beberapa SPBU kemarin, karena tidak adanya pengisian saja, bukan karena langka atau apa," jelasnya.

Bahkan untuk harga Pertalite sendiri, itu mengalami penurunan harga mulai dari 1 April 2022 lalu.

"Jadi harganya turun 200 rupiah, di mana harga pertamanya itu sekitar Rp 7.850 sekarang menjadi Rp 7.650. Dan harga Pertamax naik menjadi Rp 12.750 rupiah perliter," jelasnya.

Sementara itu, salah satu warga, Rahmat, senang dengan kabar ketersediaan Pertalite itu masih ada dan tidak langka.

"Semoga Pertalite ada terus, karena harganya yang masih terjangkau, apalagi ini sudah turun lagi harganya. Mudah-mudahan selalu ada terus stoknya di seluruh SPBU Kendari," ujarnya. (A)

Reporter: Muhammad Ilwanto

Editor: Kardin

Original Source

Topik Menarik

{
{
{