Solar Langka di Pasaran, Pemerintah Didesak Bayar Utang Rp100 Triliun ke PT Pertamina

Solar Langka di Pasaran, Pemerintah Didesak Bayar Utang Rp100 Triliun ke PT Pertamina

Nasional | radartegal | Sabtu, 2 April 2022 - 20:35
share

Menyoroti kelangkaan bahan bakar solar bersubsidi saat ini, Politikus PKS Amin AK mendesak pemerintah bayar utang Rp100 triliun ke PT Pertamina (Persero).

"Selain untuk menyehatkan keuangan Pertamina juga mencegah berkurangnya pasokan BBM bersubsidi, tegasnya, Sabtu (2/4).

Pasalnya, volume solar bersubsidi di sejumlah SPBU berbagai daerah kian berkurang hingga separuhnya dalam beberapa hari terakhir.

Kelangkaan tersebut sampai menimbulkan antrean truk dan kendaraan lain di SPBU yang ingin menggunakan solar.

Kelangkaan solar bisa berdampak semakin tingginya harga-harga kebutuhan pokok akibat semakin mahalnya biaya logsitik, apalagi ini menjelang Ramadan dan Idulfitri, jelas Amin.

Roda perekonomian pun mandek dan inflasi pun semakin tinggi akibat meroketnya harga kebutuhan rakyat, sambungnya.

Anggota Komisi VI DPR RI itu juga meminta Pertamina untuk tidak mengurangi pasokan solar sekaligus memastikan tak adanya penyelewengan bahan bakar tersebut ke industri perkebunan maupun pertambangan.

Kelangkaan solar yang terjadi tak lepas dari melambungnya harga minyak dunia baru-baru ini, tepatnya efek pecahnya perang Rusia dan Ukraina.

Amin khawatir, hal tersebut ada kaitannya dengan beratnya beban keuangan Pertamina karena semakin besarnya selisih antara harga subsidi yang ditetapkan pemerintah dengan harga pokok produksi solar.

Pemerintah memiliki kewajiban dalam memberi kompensasi atas selisih harga bahan bakar minyak yang dibeli Pertamina di pasar global dengan harga jual ke masyarakat.

Diketahui subsidi harga tersebut guna mempertahankan harga tidak naik, yakni Rp7.650 per liter untuk bahan bakar jenis Pertalite dan Rp5.150 untuk solar.

Menurut Amin, jika memang Pertamina mengalami masalah dengan arus kas perusahaan akibat beban kenaikan harga minyak dunia, solusinya bukan membebani rakyat.

Karena itu saya mendesak pemerintah agar segera membayar utang kompensasi subsidi BBM sebesar Rp100 triliun ke Pertamina, desak Amin dikutip dari Fajar.co.id. (ima/rtc)

Topik Menarik