Dua Kura-kura Raksasa yang Terancam Punah Lahir Berkat Ayah Kura-kura Berusia 70 Tahun

Dua Kura-kura Raksasa yang Terancam Punah Lahir Berkat Ayah Kura-kura Berusia 70 Tahun

Nasional | riau24.com | Jum'at, 1 April 2022 - 10:25
share

RIAU24.COM- Dua kura-kura raksasa Galapagos telah lahir untuk pertama kalinya di kebun binatang Inggris berkat kura-kura geriatri randy bernama Dirk.zxc1Meskipun berusia lebih dari 70 tahun, Dirk masih dalam kondisi fisik puncak dan memiliki labido yang sangat sehat.

Dia berhasil dikawinkan dengan Charlie betina berusia 21 tahun November lalu dan telur yang diletakkannya sekarang menghasilkan kedatangan dua kura-kura kecil di Crocodiles of the World di Brize Norton, Oxon.zxc2Ini adalah pertama kalinya sebuah kebun binatang Inggris berhasil membiakkan kura-kura Galapagos Raksasa yang merupakan spesies yang terancam punah.

Dan meskipun ukurannya kecil dengan beratnya masing-masing sekitar 3 ons, mereka akan tumbuh hingga 190 kg saat dewasa.

Kura-kura Galapagos raksasa terkenal dengan lehernya yang panjang dan identik dengan Charles Darwin yang menemukan teori evolusi dengan mempelajarinya.

Kedatangan dua bayi kura-kura ini adalah kabar baik bagi spesies yang jumlahnya di dunia sekarang mencapai sekitar 15.000 dibandingkan dengan 200.000 pada abad ke-19.

Mereka digolongkan sebagai rentan dalam Daftar Merah IUCN.

Dirk awalnya datang ke Inggris setelah ditangkap dari alam liar di Kepulauan Galapagos pada tahun 1962.

Kura-kura Galapagos Raksasa - Chelonoidis niger dalam bahasa Latin - adalah spesies kura-kura terbesar di dunia; mereka dapat tumbuh hingga 6 kaki panjangnya dan berat 408 kg.

Topik Menarik