APDESI Dukung Jokowi 3 Periode, Ternyata Luhut yang Jadi Dewan Pembinanya

APDESI Dukung Jokowi 3 Periode, Ternyata Luhut yang Jadi Dewan Pembinanya

Nasional | reqnews.com | Kamis, 31 Maret 2022 - 21:31
share

JAKARTA, REQNews - Baru-baru ini APDESI menjadi sorotan usai mendukung Jokowi tiga periode. Ternyata ada Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia atau APDESI.

Dalam acara Silahturahmi Nasional APDESI di Istora Senayan dukungan Jokowi tiga periode tersebut dikemukakan. Hal itu mengundang banyak pertanyaan siapa orang dibelkang APDESI.

Luhut pun hadir dalam acara tersebut , ternyata, Luhut telah menjadi bagian dari APDESI pimpinan Surta Wijaya.

"Kalau ketua dewan pembina kan kita, anu, Pak Luhut, mau tarik-tarik ke mana terserahlah ya," kata Ketua Majelis Pembina Organisasi Apdesi Muhammad Asri Anas seraya tertawa, dikutip dari TEMPO.Co, Selasa, 29 Maret 2022.

Selain Luhut, menurut Anas, sejumlah menteri Jokowi lainnya juga masuk ke dalam struktur organisasi Apdesi pimpinan Surta Wijaya tersebut. Anas menyatakan Menteri Desa Abdul Halim Iskandar dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai penasehat mereka.

Anas menyebut dukungan Jokowi 3 periode sebenarnya muncul karena aspirasi dari kepala desa mulai diterima oleh kepala negara ini. Ada lima aspirasi yang dibawa mereka, dari perubahan sistem gaji sekali tiga bulan bukan menjadi tiap bulan sampai penyederhanaan pelaporan Sistem Pertanggungjawaban atau SPJ.

"Jujur saja, lima aspirasi itu sudah empat tahun kami perjuangkan, tidak ada satupun menteri yang serius menanggapi," kata dia. Baru sekarang, kata dia, mulai ada respon dari pemerintah.

Dia juga mengklaim dukungan terhadap isu Jokowi 3 periode itu murni aspirasi internal. Ia bahkan bertanya siapa yang bisa memerintahkan kepala desa untuk memberikan dukungan ini.

Topik Menarik