Loading...
Loading…
Hadapi Mudik, Skema Contraflow dan One Way di Tol Cikampek Disiapkan

Hadapi Mudik, Skema Contraflow dan One Way di Tol Cikampek Disiapkan

Nasional | jawapos | Rabu, 30 Maret 2022 - 13:57

JawaPos.com Setelah dilarang selama dua tahun akibat adanya Covid-19 di dalam negeri, akhirnya pada 2022 ini pemerintah membolehkan masyarakat untuk mudik ke kampung halaman saat Idul Fitri. Menghadapi mudik, Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengaku telah melakukan pengecekan kesiapan arus mudik dan arus balik di Tol Cikampek. Diantaranya KM 45, KM 47, KM 69, dan KM 70.

Persiapan fisik jalan tol khususnya dan tentunya arteri kita kerjakan lagi setelah ini untuk memastikan nanti cara-cara bertindak apa yang akan kita siapkan buat melayani masyarakat yang akan mudik, ujar Firman kepada wartawan, Rabu (30/3).

Dengan dibolehkannya mudik pada 2022 ini, maka Firman menduga akan banyak masyarakat yang ingin merayakan Idul Fitri di kampung halamannya. Sehingga jumlah volume kendaraan akan meningkat di jalan tol dan jalan arteri (umum).

Jadi nanti kita semua bekerja tentu berdasarkan situasi di lapangan. Kami akan siapkan langkah antisipasi tingginya arus mudik seperti manajemen peningkatan kapasitas jalan yaitu menambah ruas jalur yang akan digunakan, katanya.

Firman menuturkan, di musim mudik 2022 ini pihaknya telah menyiapkan skema contraflow dan one way saat terjadi kemacetan di Tol Cikampek. Jadi ini sekali lagi untuk menambah kapasitas volume jalan untuk bisa dilalui tapi ini baru persiapan-persiapan dimana keluar masuknya, bagaimana pengaturan di pintu tol, semua akan kita cek, ungkapnya.

Firman mengungkapkan, pihaknya juta melakukan pengecekan di Tol Cikampek Selatan (Entrance Sadang). Jalur ini diharapkan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan jika telah beroperasi penuh.

Besar harapan kami tentunya persiapan ini dari semua aspek, fasilitas sarana prasarana jalan, kemudian para petugas yang akan kita tempatkan, dan yang lebih penting lagi masyarakat yang akan kita layani juga nanti untuk kerjasama dengan apa yang harus kita terapkan untuk kelancaran arus mudik, tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengizinkan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik pada Idufitri 2022. Hal ini diputuskan setelah melihat perkembangan kasus Covid-19 yang terus mengalami pelandaian.

Situasi pandemi membaik membawa optimisme menjelang datangnya Bulan Suci Ramadan. Bagi masyarakat yang ingin mudik lebaran dipersilakan, kata Jokowi.

Kendati demikian, Presiden Jokowi memberikan syarat bagi pemudik, yakni telah melengkapi dosis vaksinasi lanjut atau booster.

Selain itu, Jokowi juga memberi izin untuk umat Islam melaksanakan ibadah Tarawih secara berjamaah di masjid. Hal ini tentu berbeda dengan peraturan saat Idul Fitri tahun lalu.

Original Source

Topik Menarik