Loading...
Loading…
4 Contoh Teks Eksplanasi, Lengkap Pengertian, Ciri dan Strukturnya

4 Contoh Teks Eksplanasi, Lengkap Pengertian, Ciri dan Strukturnya

Nasional | inewsid | Rabu, 30 Maret 2022 - 09:54

JAKARTA, iNews.id - Contoh teks eksplanasi dipelajari dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Agar semakin paham, kamu bisa pelajari contoh, ciri dan strukturnya di sini.

Apa Itu Teks Eksplanasi dan Contoh Teks Eksplanasi?

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan proses tentang terjadi atau terbentuknya suatu fenomena alam, sejarah, sosial, ilmu pengetahuan, budaya. Tujuan teks eksplanasi adalah menginformasikan suatu peristiwa aktual kepada semua orang. Biasanya teks jenis ini dipakai pada teks berita yang dibacakan ataupun dimuat dalam sebuah media cetak.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

  1. Informasi yang dibuat berdasarkan fakta (faktual).
  2. Hal yang dibahas yaitu suatu fenomena yang bersifat keilmuan atau berhubungan dengan ilmu pengetahuan.
  3. Sifatnya informatif dan tidak berusaha mempengaruhi pembaca untuk percaya terhadap hal yang dibahas.

Struktur Teks Eksplanasi

  1. Berisi pertanyaan umum: yang berisikan identifikasi fenomena
  2. Berisi proses/rangkaian kejadian: rangkaian kejadian bisa berupa sebab akibat atau kronologis (urutan waktu kejadian)
  3. Interpretasi (kesimpulan): hubungan waktu kemudian, lalu, setelah itu, pada akhirnya.

Contoh Teks Eksplanasi

Setelah memahami apa itu pengertian teks eksplanasi, ciri-ciri dan strukturnya berikut adalah contoh teks eksplanasi:

  • Contoh teks eksplanasi singkat:

Sejak masa dahulu, para ahli bintang (astronom) mempelajari bintang-bintang di langit malam. Kemudian, mereka berhasil melihatnya melalui teleskop. Sekarang kita dapat mempelajari angkasa luar dari dekat.

Dengan pesawat satelit dan kendaraan antariksa yang melakukan perjalanan ke planet-planet, para astronom menemukan berbagai bukti yang luar biasa dari rahasia angkasa luar. Beberapa roket ruang angkasa menggunakan bahan padat untuk mendorong dan menekannya ke depan.

Bahan bakar tersebut lebih kuat dibandingkan dengan bubuk mesiu, tetapi mempunyai cara kerja yang sama. Sebagian besar pesawat luar angkasa menggunakan bahan bakar cair. Bahan ini lebih serba guna daripada bahan dan alat.

  • Contoh teks eksplanasi Covid-19:

Saat pemerintah melonggarkan aturan ketat Covid-19, beberapa warga mulai berkunjung ke berbagai tempat rekreasi seperti wahana bermain air. Wahana bermain air Putri Duyung Waterboom terlihat lengang di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Minggu (27/3/2022). Sebelum pandemi Covid-19, wahana bermain air ini setidaknya menerima ribuan pengunjung dan mengalami penurunan hingga 70 persen.

Sumber: iNews.id

  • Contoh teks eksplanasi alam:

Gempa bumi yaitu munculnya suatu guncangan yang biasanya disebabkan oleh suatu pergerakan, yang berasal dari lapisan batu bumi. Guncangan tersebut diakibatkan oleh getaran dari dasar bumi.

Getaran ini terdapat pada beberapa daerah tertentu yang kemudian mengakibatkan munculnya guncangan. Daerah-daerah tersebut merupakan daerah gunung yang aktif, atau di sepanjang lautan yang cukup luas.

Gempa bumi juga disebabkan oleh munculnya suatu gerakan atau adanya pergeseran di lapisan dasar bumi yang sangat kuat. Sehingga terjadilah gempa bumi. Dilansir dari buku Metamorfosis Teks Eksplanasi Dalam Kehidupan karya Rizka Desriani, dkk.

Sampah adalah suatu jenis benda yang tidak dapat dimanfaatkan lagi oleh manusia. Sampah juga sangat mengganggu kehidupan dan lingkungan masyarakat, serta efeknya tidak baik bagi kesehatan. Sampah dibagi menjadi 2 jenis yaitu sampah organik dan sampah non organik. Yang dimaksud sampah organik adalah sampah yang mampu diuraikan oleh bakteri.

Contohnya dedaunan dan sayuran. Sedangkan sampah non organik adalah jenis sampah yang sulit diuraikan, contohnya plastik, botol, kaleng, dll. Sampah adalah fenomena yang paling sering kita temui di lingkungan sekitar.

Mulanya sampah itu akan berserakan di sekeliling tempat tinggal kita dan menimbulkan dampak yang dirasakan secara langsung. Contohnya banjir, tanah longsor dan timbulnya berbagai sumber penyakit.

Bagaimana sejauh ini pemahamanmu mengenai contoh teks eksplanasi? Selamat belajar contoh, pengertian dan cirinya di atas ya!

Original Source

Topik Menarik