Video Terbuka Lambat di Setelah Instal Windows 11 Beta, Ini Cara Atasinya

Video Terbuka Lambat di Setelah Instal Windows 11 Beta, Ini Cara Atasinya

Nasional | republika | Selasa, 29 Maret 2022 - 08:36
share

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Microsoft meluncurkan Windows 11 Build 22581 beberapa hari yang lalu untuk pengguna di Developer and Beta Channel dari Insider Preview Program. Meskipun membawa beberapa perbaikan bug , tampaknya peluncuran ini telah menimbulkan masalah baru.

Dilansir dari Ghacks , Senin (28/3/2022), seorang pengguna reddit menemukan bahwa video dibuka perlahan setelah menginstal versi terbaru di komputer mereka. Mereka juga menemukan apa yang menyebabkan penundaan ini. Ternyata sumber masalahnya tak lain adalah anti virus bawaan sistem operasi, Windows Security, yang biasa dikenal dengan Windows Defender.

Itu adalah komponen SmartScreen dari aplikasi Security yang menyebabkan masalah ini. Pengguna lain menimpali dengan mengatakan bahwa mereka memiliki masalah yang sama, yaitu film tidak segera dibuka, dan butuh beberapa saat (sekitar 30 detik) sebelum media mulai diputar.

Cara memperbaiki video yang terbuka lambat di Windows 11 Beta:

1. Buka aplikasi Windows Security, alias Defender, dengan mengeklik ikonnya di system tray.

2. Pilih tab App and browser control di sidebar.

3. Klik Reputation-based protection di panel kanan.

4. Nonaktifkan sakelar pertama di halaman ini, di bawah Check apps and files. Anda harus masuk dengan akun Administrator, untuk mengizinkan UAC Prompt, untuk mengonfirmasi perubahan.

5. Putar video dan itu akan terbuka secara normal.

Opsi ini diaktifkan secara default di semua build Windows. Tidak jelas mengapa SmartScreen memicu pemeriksaan dengan Windows 11 Build 22581. Microsoft belum mengakui masalah tersebut.

Mengapa ini terjadi? SmartScreen memberikan lapisan keamanan tambahan, yang melindungi pengguna ketika mereka mengeksekusi file atau program yang tidak populer. Ketika pengguna mencoba menjalankan file seperti itu, ia menandainya untuk dipindai, untuk memastikan tidak ada malware yang bersembunyi di dalamnya. Secara teori, ini adalah fitur yang bagus, tetapi implementasinya memang memiliki kekurangan, contohnya.

Ini bukan pertama kalinya pengguna mengalami masalah kinerja dengan Windows 11. Ada masalah terkait dengan perlambatan SSD, tetapi Microsoft menambal bug di Windows Update KB5008353.

Awal bulan ini, AMD mengonfirmasi bahwa sistem operasi berkinerja buruk pada komputer yang didukung Ryzen, dan itu akan bekerja dengan Microsoft untuk memperbaiki masalah tersebut. Pembaruan diharapkan akan diumumkan pada Musim Panas 2022. Penambahan Teams dan Widgets juga telah dikritik di antara komunitas teknologi, setelah mereka ditemukan menggunakan sumber daya di latar belakang.

Neowin melaporkan bahwa Microsoft Endpoint untuk Defender baru-baru ini menandai pembaruan Office sebagai malware. Jika Anda masih berada di Dev Channel dan ingin beralih ke rilis Beta, Anda harus memperbarui ke Build 22581 sesegera mungkin.

Jendela waktu terbatas ini akan segera ditutup. Rilis build berikutnya yang diperkirakan akan dilakukan pekan ini. Anda tidak dapat beralih ke Release Channel dulu, opsi untuk pindah ke sana dapat tersedia saat mendekati rilis Pembaruan Sun Valley Windows 11 22H2 yang dikatakan akan dirilis dalam beberapa bulan mendatang.

Topik Menarik