Survei IPS Tembus 10 Besar, Partai Perindo Diprediksi Masuk Senayan

Survei IPS Tembus 10 Besar, Partai Perindo Diprediksi Masuk Senayan

Nasional | sindonews | Senin, 28 Maret 2022 - 15:40
share

JAKARTA - Indonesia Polling Stations (IPS) menggelar survei bertajuk Perkembangan Elektabilitas Partai Politik Menjelang Pemilu 2024. Dalam survei tersebut, Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) berhasil menembus 10 besar.

Diketahui, survei elektabilitas Partai Perindo yakni 2,2% yang berada di posisi ke-9, sementara posisi ke-8 PAN dengan hasil 2,6% dan posisi ke-10 PPP dengan hasil 2,1%.

Peneliti Senior IPS, Alfin Sugianto memaparkan, meskipun parpol-parpol baru sulit untuk masuk ke Senayan dan menembus 10 besar.

Partai Perindo berhasil tembus 10 besar tingkat elektabilitas. Bahkan, Perindo diprediksi bisa lolos ke Senayan jika tren kenaikan elektabilitas itu dapat terus dijaga.

"Partai besutan pengusaha sukses Hary Tanoesoedibjo itu diprediksikan dapat lolos ke parlemen 2024 apabila trend yang sekarang ini bisa terus dipelihara," kata Alfin dalam rilis survei daring yang digelar, Senin (28/3/2022).

Alfin menjelaskan, raihan Perindo ini disebabkan oleh Konvensi Rakyat Perindo yang digelar untuk menentukan caleg-calegnya dalam Pemilu 2024 nanti. Hal ini banyak dinilai sebagai kreativitas politik yang berkontribusi meningkatkan elektabilitas partai tersebut.

"Sedangkan partai-partai lama seperti Partai Hanura, PKPI, PBB dan sebagainya menunjukkan tren semakin tenggelam," jelasnya.

Dijelaskan sebelumnya, survei ini dilakukan tanggal 8 s/d 18 Maret 2022 di 34 (tiga puluh empat) provinsi di seluruh Indonesia. Jumlah sampel survei IPS kali ini sebesar 1220 responden, diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Margin of error +/- 2,8%, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%. Sementara pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka oleh tenaga terlatih dengan bantuan/pedoman kuesioner.

Topik Menarik