Lokasi Bekas TPS Pasar Turi Surabaya Sudah Diaspal

Lokasi Bekas TPS Pasar Turi Surabaya Sudah Diaspal

Nasional | jawapos | Senin, 28 Maret 2022 - 12:45
share

JawaPos.com Pembangunan di bekas tempat penampungan sementara Pasar Turi Baru (PTB) terus berlanjut. Setelah pembongkaran dan pembersihan material selesai, proses pengaspalan mulai berjalan.

Pengerjaan dilakukan Dinas Sumber Daya Alam dan Bina Marga (DSDABM) Surabaya. Pengaspalan dimulai di sisi timur PTB. Tepatnya di Jalan Pasar Turi. Jumat (25/3) pengaspalan pada Jalan Pasar Turi sepanjang 40 meter dilakukan.

Begitu pun proses normalisasi saluran air. Pengerjaan tengah berlangsung. Setelah Jalan Pasar Turi, pengaspalan berlanjut ke sisi selatan PTB, yaitu Jalan Tembaan.

Besok (hari ini, Red) lokasi bekas pembongkaran TPS di Jalan Tembaan mulai diaspal. Pengerjaan sekitar dua hari, kata Kabid Jalan dan Jembatan DSDABM Surabaya Adi Gunita kemarin (27/3).

Setelah pengaspalan selesai, dua lokasi itu difungsikan sebagai jalan umum. Ruas jalan yang cukup lebar membuat lokasi tersebut juga bisa digunakan untuk area parkir kendaraan roda empat. Tidak hanya pengaspalan, perbaikan jalur pedestrian dan pembangunan halte bus di PTB pun akan dilakukan.

Sambil menunggu Jalan Pasar Turi kembali difungsikan, warga memanfaatkan area tersebut untuk berolahraga. Baik bersepeda maupun sekadar lari pagi. Aktivitas tersebut mendapatkan respons positif dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya.

Kepala DLH Surabaya Agus Hebi Djuniantoro mengatakan, ruas Jalan Pasar Turi bisa saja digunakan untuk car free day (CFD) tiap Minggu pagi.

Apalagi Minggu pagi. Arus lalu lintas tambah sepi sehingga dinilai sangat aman digunakan untuk aktivitas olahraga, kata Hebi. Proses pengkajian segera dilakukan. Berkoordinasi dengan beberapa dinas terkait dan pengelola PTB. Selain untuk kesehatan, adanya CFD bisa meningkatkan kedatangan pengunjung ke PTB.

Topik Menarik