Loading...
Loading…
Gus Yahya Ingin NU Tangani Langsung Masalah di Palestina

Gus Yahya Ingin NU Tangani Langsung Masalah di Palestina

Nasional | apahabar.com | Minggu, 27 Maret 2022 - 21:33

apahabar.com, JAKARTA Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya melakukan diskusi soal situasi politik di Palestina dengan Hakim Agung sekaligus Penasihat Presiden Palestina Mahmoud Al Habbash. Gus Yahya memastikan pihaknya akan turut berpartisipasi membantu menangani permasalahan rakyat Palestina secara langsung.

Kami Nahdlatul Ulama, kami ingin berupaya membantu rakyat Palestina bukan hanya dengan bersimpati atau mengirim bantuan-bantuan dari kejauhan tapi kami ingin untuk berperan langsung untuk bertindak langsung ke dalam dinamika, pergulatan terkait masalah-masalah yang ada itu, kata Gus Yahya dalam agenda diskusi khusus dengan Hakim Agung sekaligus Penasihat Presiden Palestina Mahmoud Al Habbash secara virtual, dikutip dari detikcom, Minggu (27/3/2022).

Namun, Gus Yahya membatasi keterlibatan pihaknya pada isu yang terjadi di wilayah Palestina. Dia menekankan hanya akan ulur tangan pada isu keagamaan.

Tapi kami harus memilih dimensi apa dari permasalahan ini yang harus dimasuki oleh Nahdlatul Ulama karena sebagaimana yang saya singgung tadi, ada masalah politik dan masalah agama, lanjutnya.

Menurut dia, NU akan terlibat pada isu terkait keagamaan di tengah ketegangan politik Palestina dan Israel. Sementara, sebutnya, terkait bantuan penyelesaian masalah-masalah politik Palestina akan dia serahkan kepada pemerintah RI.

Untuk saat ini Nahdlatul Ulama memilih untuk mulai dari domain keagamaan, dari dimensi keagamaaan, karena NU bukan organisasi politik dan kami semua NU ini berada di bawah wewenang dan kedaulatan dari pemerintah RI, katanya.

Maka kami memilih dimensi keagamaan dan menyerahkan upaya-upaya pada dimensi politiknya ke pada pemerintah RI supaya kami tidak melanggar batas-batas wewenang kami terkait dengan pemerintah Indonesia, imbuhnya.

Original Source

Topik Menarik