Begini Cara Mudah Lulusan SMA Dapat Pekerjaan, Nomor 4 Paling Penting

Begini Cara Mudah Lulusan SMA Dapat Pekerjaan, Nomor 4 Paling Penting

Nasional | telisik.id | Jum'at, 25 Maret 2022 - 15:47
share

KENDARI, TELISIK.ID - Mencari pekerjaan saat ini tidak mudah. Sebab, ada banyak pelamar yang juga membutuhkan pekerjaan. Selain itu, lulusanSMA/SMK/Sederajat sertaperguruan tinggijuga ada banyak.

Tetapi, bagi para lulusan SMA/SMK/Sederajat agar tidak berkecil hati. Sebab, masih banyaklowongan kerjayang membutuhkan lulusan dari SMA atau SMK.

Lantas, bagaimana agar bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah dan cepat bagi lulusan SMA atau SMK?

Melansir lamanKitaLulus.com, seseorang dari lulusan SMA/SMK juga dapat bersaing dengan lulusan Sarjana. Kenapa demikian? Ini karena gelar pendidikan tidak jadi penentu kesuksesan seseorang. Namun hanya sebagai penunjang.

Jika kamu memiliki bakat, keterampilan, serta keahlian, kamu yang lulusan SMA/SMK juga bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

1. Tanya pada alumni yang sudah kerja

Kamu bisa bertanya info lowongan kerja kepada kakak kelas atau teman yang sudah bekerja. Ini cukup efektif karena mereka lebih mengetahui lowongan kerja di tempat dia bekerja.

Maka, meski sudah lulus kamu harus menjaga relasi dengan kakak kelas atau teman-temanmu. Sebab, suatu saat nanti kamu bisa bertanya mengenai lowongan kerja pada mereka.

2. Ikut job fair

Melansir Kompas.com, jika ada job fair, kamu bisa ikut atau mendatanginya. Di acara ini, kamu bisa memanfaatkan untuk mencari pekerjaan lebih dari satu perusahaan sekaligus.

Kamu bisa membawa surat lamaran pekerjaan yang banyak, agar ketika bertemu dengan perusahaan yang cocok, maka kamu bisa langsung melamarnya.

3. Ikutwalk in interview

Jika kamu melihat lowonganwalk in interview, maka coba saja. Sebab, itu adalah cara dari perusahaan yang menyaring pencari kerja untuk proses ke tahap wawancara pada hari itu juga.

Maka, kamu bisa membawa dokumen persyaratan yang dibutuhkan. Kamu juga harus mengusahakan tidak telat saat datang, sehingga pihak HRD bisa menilai kedisiplinan kamu.

4. Pantau lowongan kerja di situs online

Tips mencari kerja untuk lulusanSMK atau SMAlainnya ialah dengan memantau info lowongan kerja dari situs online.

Karena saat ini teknologi semakin maju pesat, maka informasi lowongan kerja bisa tersebar dengan cepat secara online. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Topik Menarik