Portugal Tekuk Turki 3-1 Dalam Play-Off Kualifikasi Piala Dunia 2022

Portugal Tekuk Turki 3-1 Dalam Play-Off Kualifikasi Piala Dunia 2022

Nasional | jawapos | Jum'at, 25 Maret 2022 - 07:04
share

JawaPos.com Portugal menekuk Turki dengan skor 3-1 dalam pertandingan play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Estadio do Dragao, Porto, pada Jumat (25/3) dini hari WIB.

Laporan laman resmi FIFA seperti dilansir dari Antara , tiga gol Portugal masing-masing dicetak Otavio Monteiro, Diogo Jota, dan Matheus Nunes. Turki hanya bisa membalas satu gol melalui Burak Yilmaz pada babak kedua.

Kemenangan itu mengantar Portugal ke partai final play-off dan bakal berhadapan dengan Makedonia Utara untuk memperebutkan satu tiket ke putaran final Piala Dunia 2022.

Portugal langsung menerapkan tekanan tinggi pada 10 menit pertama laga dan Turki hanya bisa bertahan. Pada menit ke-11, tim tuan rumah menciptakan peluang. Tendangan bebas Bruno disambut Jota di kotak penalti, sayang bola masih melenceng dari gawang Ugurcan Cakir.

Portugal berhasil mencetak gol empat menit kemudian. Umpan tarik Jota berubah arah karena membentur tiang dan bola liar langsung disambar Otavio untuk membuat timnya unggul 1-0 atas Turki.

Gol itu memicu semangat bagi Ronaldo cs untuk menambah keunggulan. Turki baru mendapatkan tembakan pertama pada menit ke-21 lewat upaya Cengiz Under dan dilanjutkan dengan peluang dari Orkun Kokcu pada menit ke-27. Tetapi Diogo Costa masih sigap di bawah gawang.

Portugal akhirnya mampu menambah keunggulan pada menit ke-42. Umpan silang Otavio disambut Jota dengan sundulan sempurna di tiang jauh untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Babak pertama berakhir dengan skor 2-0.

Selepas turun minum, jalannya pertandingan tidak berubah. Portugal masih lebih mendominasi bola dan Turki hanya bisa mengandalkan serangan balik. Turki berhasil memperkecil kedudukan pada menit ke-65. Yilmaz dan Under membuat kombinasi apik untuk melewati Pereira. Yilmaz kemudian menuntaskan permainan itu dengan sepakan yang gagal dientikan Costa. Kedudukan menjadi 1-2.

Gol tersebut membuat Portugal panik dan Turki balas menekan. Pada menit ke-83, Turki mendapatkan hadiah penalti setelah Enes Unai dijatuhkan Jose Fonte di kotak terlarang. Yilmaz maju sebagai eksekutor, tetapi sepakannya membentur tiang dan tim tamu gagal menyamakan kedudukan.

Pada menit ke-90+4, Portugal mencetak gol pemungkas. Lewat serangan balik cepat, Leao mengirimkan umpan akurat ke Matheus Nunes yang berhasil mengecoh Calik dan menjebol gawang kosong. Portugal 3-1 Turki.

Gol itu juga menjadi penutup pertandingan dan Portugal berhasil melaju ke babak final play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa.

Susunan Pemain:

Portugal (4-4-2) : Diogo Costa; Diogo Dalot, Danilo Pereira, Jose Fonte, Raphael Guerreiro (Nuno Mendes 88); Bernardo Silva, Joao Moutinho (Matheus Nunes 88), Bruno Fernandes (William Carvalho 81), Otavio (Rafael Leao 88); Diogo Jota (Joao Felix 71), Cristiano Ronaldo.

Turki (3-5-2) : Ugurcan Cakir; Ozan Kabak, Merih Demiral, Caglar Soyuncu; Mehmet Zeki Celik (Yusuf Yazici 80), Berkan Kutlu, Orkun Kokcu (Dorukhan Tokoz 80), Hakan Calhanoglu, Muhammed Kerem Akturkoglu (Enes Unal 66); Cengiz Under, Burak Yilmaz.

Topik Menarik