Dawis Sedap Malam 2 Gelar Donor Darah dengan Protap COVID-19

Nasional | ayosemarang | Published at Minggu, 14 Juni 2020 - 14:57
Dawis Sedap Malam 2 Gelar Donor Darah dengan Protap COVID-19

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM-- Kelompok Ibu-ibu Dawis Sedap Malam 2 dari RW 16 Kelurahan Meteseh dibantu Karang Taruna Garuda Bangsa menyelenggarakan kegiatan donor darah di Musala Nurul Huda, Jalan Dinar Mas 18, Kelurahan Meteseh Semarang, Minggu (14/6/2020).

Kegiatan donor darah ini rutin diadakan tiga bulan sekali. Awalnya kegiatan ini merupakan aksi bakti sosial yang rutin diselenggarakan pada Hari Ibu sejak 22 Desember 2008. 

Namun di tengah pandemi covid-19 stok darah di UDD PMI Semarang semakin menipis karena kegiatan Mobile Unite (MU) di instasi perusahan dan sekolah ditiadakan. Di sisi lain kebutuhan darah untuk pasien di Rumah Sakit sangat dibutuhkan dan harus segera terpenuhi.

Selain mendapat respons yang luar biasa dari warga masyarakat, kegiatan ini juga didukung beberapa donatur baik dari warga sekitar maupun dari luar daerah untuk penyelenggara donor darah rutin ini.

Ketua RW 16 Kelurahan Meteseh, Joko mengungkapkan Kegiatan Donor darah Dawis Sedap Malam masuk Program unggulan FKK di Kelurahan Meteseh.

Di hari Donor Darah sedunia yang di peringati setiap tanggal 14 Juni ini, 
berhasil memperoleh 50 kantong darah yang langsung dikelola oleh tim unit donor darah PMI Kota Semarang, jelasnya.

Dalam kegiatan ini, turut didukung oleh Relawan Donor Darah (RDD) MIK Semar untuk Menerapkan Donor Darah sistem slot, yakni Dengan Menerapkan registrasi online via whatsapp agar calon pendonor datang sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan panitia dengan tujuan agar tidak terjadi penumpukan pendonor. 

Para pendonor juga diwajibkan menerapan protokol kesehatan di antaranya wajib memakai masker, menggunakan hand sanitizer saat sampai lokasi serta jaga jarak di lokasi donor.

Artikel Asli