Sebanyak 19 dari 22 Pasien Positif Covid-19 di Aceh Sembuh

Nasional | republika | Published at Minggu, 14 Juni 2020 - 12:40
Sebanyak 19 dari 22 Pasien Positif Covid-19 di Aceh Sembuh

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Sebanyak 19 dari seluruh pasien Covid-19 di Provinsi Aceh yang jumlahnya 22 orang sudah dinyatakan sembuh. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh Saifullah Abdulganidi Banda Aceh, Ahad (14/6), mengatakan, pasien Covid-19 yang terbaru sembuh adalah seorang warga berusia 51 tahun dengan inisial Mukasal Kabupaten Aceh Tamiang.

"Muk sudah sembuh dan dijemput tim gugus tugas Covid-19 Aceh Tamiang bersama keluarganya pada Sabtu pagi," kata Saifullah.

Saifullah menambahkan, pasien tersebut menjalani perawatan diRumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zubir Mahmud di Kabupaten Aceh Timur setelah hasil pemeriksaan menunjukkan dia positif tertular Covid-19. Sebelum dinyatakan tertular virus corona penyebab Covid-19, pasien yang punya riwayat perjalanan ke Medan, Sumatera Utara, tersebut menderita demam dan batuk.

"Karena riwayat perjalanannya ke daerah penularan virus corona itulah maka dicurigai dan dilakukan rapid test (tes cepat)," ujarnya.

Tim medis di RSUD Aceh Tamiang kemudian memeriksa Muk menggunakan alat tes diagnostik cepat dan hasilnya menunjukkan dia terindikasi tertular virus corona. Tim medis lalu melakukan pemeriksaan lanjutan, mengambil spesimen usap hidung dan tenggorokan pasien tersebut dan mengirimnya ke Balai Litbangkes Aceh. Hasil pemeriksaan lanjutan menunjukkan pasien itu tertular virus corona sehingga kemudian dibawa ke RSUD Zubir Mahmud untuk menjalani perawatan.

"Kita bersyukur kepada Allah SWT, dan mengapresiasi tim medis Covid-19 RSUD Zubir Mahmud yang telah merawat Muk dengan penuh dedikasi hingga sembuh," kata Saifullah.

Menurut data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, jumlah akumulatif pasien Covid-19 di Aceh sebanyak 22 orang dengan perincian 19 orang sudah sembuh. Sebanyak dua orang masih menjalani perawatan, dan satu orang meninggal dunia.

Artikel Asli