Dikeroyok, Oknum Tentara di Baubau Terlibat Adu Jotos dengan Warga Sipil

Dikeroyok, Oknum Tentara di Baubau Terlibat Adu Jotos dengan Warga Sipil

Nasional | telisik.id | Kamis, 24 Maret 2022 - 09:30
share

BAUBAU, TELISIK.ID - Dua oknum anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) inisial A dan EA yang berdinas di kompi 725 Kota Baubau terlibat perkelahian dengan beberapa orang warga sipil.

Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo, S.IK melalui pesan WhatsApp menuturkan bahwa peristiwa tersebut terjadi pada hari Sabtu malam (19/3/2022) lalu.

"Sekitar jam 8 malam bertempat di Lingkungan Komba-Komba, Kelurahan Kaisabu, Kecamatan Sorawolio, Kota Baubau, telah terjadi perkelahian antara masyarakat sipil dengan oknum anggota TNI yang berdinas di Kompi 725," jelas AKBP Erwin Pratomo melalui pesan WhatsApp, Rabu (23/3/2022).

"Berdasarkan keterangan dari oknum anggota TNI bahwa pada malam itu mereka sedang dalam perjalanan menuju sebuah toko untuk berbelanja dengan menggunakan kendaraan. Namun dalam perjalanan, kedua oknum TNI tersebut bertemu dengan pengendara roda dua sebanyak dua unit dan menghalang-halangi jalan," lanjutnya.

Kemudian kedua oknum TNI tersebut kata AKBP Erwin Pratomo, membunyikan klakson kendaraannya untuk meminta jalan, namun pengendara motor tersebut tidak juga memberikan jalan. Bahkan orang yang mengendarai motor tersebut mengeluarkan kata-kata kasar.

Kedua oknum TNI lalu menepi. Kedua pengendara motor langsung mendatangi oknum TNI dan terjadilah adu mulut. Sambil mendekati oknum TNI tersebut, dua pengendara motor menyerang ingin memukul kedua oknum TNI. Namun Oknum TNI berusaha membela diri, sehingga terjadilah perkelahian.

Tiba-tiba datang mobil Avanza warna putih. Penumpang mobil Avanza tersebut turun dan langsung menyerang dan mengeroyok kedua oknum TNI dengan menggunakan balok.

Oknum TNI berusaha menangkis sambil memukul untuk membela diri, hingga pelaku pengeroyokan melarikan diri.

Keterangan berbeda diungkapkan R, Z, RA, RL di hadapan polisi. Mereka mengaku oknum TNI yang lebih dulu memukul mereka, sehingga perkelahian itu terjadi.

Menanggapi itu, Polres Baubau yang menerima laporan dari oknum TNI, membuat laporan polisi serta mengamankan warga.

Selanjutnya perkara tersebut sudah di-Restorative Justice serta sudah ada kesepakatan dari kedua belah pihak. Kelima pelaku telah menandatangani surat pernyataan serta permohonan maaf dari kelima pelaku. (C)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Haerani Hambali

Topik Menarik