Proses PKPU Diperpanjang Garuda Optimalkan Tahapan Verifikasi dan Proses Negosiasi Bersama Kreditur

Proses PKPU Diperpanjang Garuda Optimalkan Tahapan Verifikasi dan Proses Negosiasi Bersama Kreditur

Nasional | rm.id | Selasa, 22 Maret 2022 - 20:22
share

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menyikapi secara positif putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta, yang memperpanjang proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) Tetap selama 60 hari, hingga 20 Mei mendatang.

Direktur Utama Garuda Irfan Setiaputra mengatakan, proses PKPU merupakan proses yang kompleks dan berlapis. Sehingga, perlu dijalankan dengan prinsip kehati-hatian, baik untuk pihak Garuda dan kreditur.

"Kami memahami, proses ini tidak mudah bagi para pihak. Sehingga, dibutuhkan waktu yang lebih panjang untuk memenuhi ketentuan administrasi dan verifikasi," ujar Irfan dalam keterangannya, Selasa (22/3).

Garuda mengapresiasi sebagian besar kreditur yang telah menyelesaikan tahapan verifikasi,dan terus memberikan komitmen dukungannya untuk BUMN penerbangan tersebut.

"Selaras dengan penetapan perpanjangan PKPU Tetap, Garuda dengan pengawasan dan dukungan dari tim pengurus telah mengkomunikasikan secara berkala kepada kreditur, perihal pokok-pokok perdamaian," tutur Irfan.

Saat ini, Garuda juga telah menerima masukan konstruktif dari para kreditur, guna menghasilkan kesepakatan terbaik bagi seluruh pihak. Sejalan dengan upaya restrukturisasi dan akselerasi pemulihan maskapai.

"Kami tekankan kembali, melalui proses perpanjangan ini, Garuda dapat mengoptimalkan proses rekonsiliasi tagihan dengan beberapa kreditur, proses negosiasi dan pembahasan skema restrukturisasi, serta mempertimbangkan permintaan beberapa kreditur untuk melengkapi dokumen verifikasi," papar Irfan.

Garuda berharap, seluruh pemangku kepentingan dapat menggunakan momentum perpanjangan PKPU, untuk mengoptimalkan segala saran dan masukan rencana perdamaian, melanjutkan proses verifikasi, mencocokkan jumlah piutang, dan verifikasi pajak.

Untuk itu, Garuda akan terus mengoptimalkan sinergi berbagai pihak. Agar dapat menyelesaikan proses tersebut dengan lancar. Supaya tercapai hasil yang optimal dan adil melalui kesepakatan perdamaian.

Sementara proses PKPU berlangsung, Garuda juga turut menyambut pemulihan industri penerbangan secara bertahap di tengah pandemi Covid-19.

Sejalan dengan adanya kebijakan relaksasi perjalanan mobilitas, pada periode akhir Maret 2022, Garuda mencatatkan peningkatan lalu lintas penumpang sebesar 58,7 persen, dibandingperiode sebelum adanya kebijakan relaksasi mobilitas pada awal bulan ini.

Hal tersebut turut ditunjang oleh gelaran internasional MotoGP Mandalika, serta momentum relaksasi penerbangan internasional melalui pengoperasian sejumlah rute internasional Garuda. Seperti Narita - Denpasar, Sydney - Denpasar, Surabaya - Madinah, dan Jakarta - Madinah.

Dukungan berbagai pihak, sekaligus kerja sama dari berbagai pemangku kepentingan memiliki peranan penting bagi Garuda, agardapat terus mengakselerasikan berbagai upaya terbaiknya. Demi menyukseskan rangkaian proses PKPU dan mendorong perusahaan menjadi entitas bisnis yang lebih agile, adaptif, dan berdaya saing.

Garuda memastikan seluruh layanan penerbangan termasuk layanan penumpang, kargo dan perawatan pesawat tetap beroperasi secara normal. [HES]

Topik Menarik