Loading...
Loading…
7 Makanan dan minuman dikonsumsi Anissa Aziza, bantu lancarkan ASI

7 Makanan dan minuman dikonsumsi Anissa Aziza, bantu lancarkan ASI

Nasional | brilio.net | Selasa, 22 Maret 2022 - 12:02

Brilio.net - Masa-masa menyusui selalu bisa membawa pengalaman baru bagi seorang ibu. Proses menyusui satu anak dengan lainnya terkadang memang berbeda. Hal ini turut dirasakan oleh Anissa Aziza. Sebagai ibu dengan dua orang anak, Anissa Aziza mengalami proses menyusui yang berbeda di antara dua anaknya tersebut.

Sudah dua kali mengalami proses menyusui, pengalaman tersebut kemudian membuatnya banyak belajar. Terutama saat memasuki fase ketika ASI tidak selalu lancar yang dibarengi dengan perasaan takut jika anak diberikan susu formula. Namun sekalipun begitu, Anissa tetap berusaha mencari banyak cara dengan bertanya pada kerabat.

"Pada saat produksi ASI menurun, aku gak malu untuk sharing sama tmn2 busui lainnya. Gatau knpa setelah cerita kaya lebih lega aja. rasa sedih berasa lebih berkurang krna dpt support dr tmn2," kata Anissa Aziza di Instagram pribadinya.

Beberapa kerabatnya kemudian menyarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman tertentu agar ASI lancar. Makanan dan minuman tersebut pun mulai rutin dikonsumsi Anissa Aziza untuk melancarkan ASI.

Nah, kira-kira apa saja makanan dan minuman pelancar ASI ala Anissa Aziza? Berikut telah BrilioFood rangkum dari akun Instagram @anissaaziza pada Selasa (22/3). 1. Sayur mayur.

Baca Juga :
Bunda, Ini Sejumlah Cara Hasilkan ASI Bernutrisi

foto: Instagram/@anissaaziza

Dengan mengonsumsi makanan sehat seperti sayur mayur, produksi ASI bisa tetap lancar sekalipun tidak menggunakan vitamin. Hal ini juga sempat dirasakan istri Raditya Dika.

"vit (vitamin) menyusui smpt aku stop tp so far produksi aman2 aja selama rajin makan sayur + minum yg banyak. Memang resep mamak2 jaman dulu gak bisa diragukan ya," ungkap Anissa Aziza. 2. Permen jahe lemon.

foto: Instagram/@anissaaziza

Salah satu camilan yang mendukung produksi ASI Anissa adalah pereman jahe lemon khusus untuk ibu menyusui. Anissa Aziza biasa menyantap ini saat ASI sedang tidak lancar. Sekalipun hanya permen, namun hasil yang didapat cukup mengejutkan Anissa.

"Jujur baru berasa bgt hasilnya setelah 3 hari konsumsi mereka ini. Alhamdulillah kembali normal seperti awal2," tulisnya. 3. Vitamin atau suplemen.

foto: Instagram/@anissaaziza

Memahami kebutuhan tubuh saat menyusui juga merupakan hal penting karena produksi ASI pada setiap orang bisa berbeda. Tidak semua ibu punya ASI lancar tanpa menggunakan suplemen atau vitamin.

Baca Juga :
Makanan yang Harus Dimakan dan Dihindari Ibu Menyusui

Anissa Aziza sendiri mengaku sangat terbantu dengan adanya suplemen. Jika mengonsumsi makanan sehat saja tidak cukup, dia pun mulai menambahkan suplemen untuk membuat ASI semakin lancar.

"Aku tipe tubuh yang nggak bisa banget kalo nggak pake suplemen. Jadi aku harus banget tambah suplemen supaya produksi ASI ku meningkat," ungkapnya dikutip dari Instagram @anissaaziza. 4. Air putih 2 liter.

foto: Instagram/@anissaaziza

Selain itu, hal yang terpenting bagi Anissa Aziza saat menyusui adalah dengan terus membuat tubuh tetap terhidrasi. Anissa biasa mengonsumsi air putih lebih dari 2 liter dalam satu hari.

"Intinya untuk ibu menyusuia HARUS BANYAK MINUM AIR PUTIH. Org biasa aja butuh asupan cairan apalagi busui? Yg kerjaannya selalu mengeluarkan cairan ASI?," tulisnya di Instagram. 5. Susu almond.

foto: Instagram/@anissaaziza

Anissa Aziza juga rutin minum susu almond selama masa menyusui. Dia biasa minum susu almond cokelat yang umum dijual di supermarket.

"Ya Allah, lancar jg ternyata. Bahkan lg males minum suplemen tp cuma 2 ini (susu almond dan air putih) doang Alhamdulillah ttp cukup," ujar Anissa Aziza. 6. Makanan berprotein.

foto: Instagram/@anissaaziza

Konsumsi makanan sehat tentu bisa mendukung produksi ASI menjadi lebih baik. Selain mengonsumsi sayur mayur, Anissa Aziza juga menekankan untuk tetap makan protein tinggi.

Untuk menjaga asupan makannya tetap baik, Anissa Aziza menghindari program diet karena hal tersebut akan berpengaruh pada produksi ASI.

"Yang pasti kita harus makan yang sehat dan cukup. Kalo aku mulai diet, kadang produksi ASI ku malah menurun. Jadi, aku ga diet sama sekali," ungkap ibu dua anak ini. 7. Daun katuk.

foto: Instagram/@anissaaziza

Sebelum maraknya ASI booster suplemen seperti saat ini, daun katuk kerap menjadi andalan para ibu menyusui untuk melancarkan ASI. Namun masih banyak juga yang sampai saat ini masih mengikuti kebiasaan tersebut, termasuk Anissa Aziza.

"Masa menyusui anak kedua kali ini rajin bgt dikirimin sayur katuk sama mama. Bener2 hampir tiap hari makan sayur katuk + konsumsi air putih 2L/hari," tutur Anissa.

Original Source

Topik Menarik