Legiun Azov: Pejuang Sayap Kanan Ukraina Lawan Berat Tentara Rusia

Legiun Azov: Pejuang Sayap Kanan Ukraina Lawan Berat Tentara Rusia

Nasional | republika | Senin, 21 Maret 2022 - 19:15
share

"Saya tidak menentang nasionalis Rusia, atau Rusia yang hebat," kata Dmitry, saat kami melaju melewati malam Mariupol yang gelap dengan truk pikap, seorang penembak mesin ditempatkan di belakang. "Tapi Putin bahkan bukan orang Rusia. Putin orang Yahudi."

Dmitry yang katanya bukan nama sebenarnya adalah penduduk asli Ukraina timur dan anggota batalyon Azov, kelompok sukarelawan yang telah melakukan banyak pertempuran garis depan dalam perang Ukraina dengan separatis pro-Rusia. Azov, salah satu dari banyak brigade sukarelawan untuk berperang bersama tentara Ukraina di timur negara itu, telah mengembangkan reputasi untuk keberanian dalam pertempuran.

Tapi ada kekhawatiran yang meningkat bahwa sementara Azov dan batalyon sukarelawan lainnya mungkin menjadi kekuatan paling kuat dan dapat diandalkan Ukraina di medan perang melawan separatis, mereka juga merupakan ancaman paling serius bagi pemerintah Ukraina, dan mungkin bahkan negara, ketika konflik terjadi. di timur sudah berakhir. Azov menyebabkan perhatian khusus karena sayap kanan, bahkan neo-Nazi, condong ke banyak anggotanya.

Dmitry mengaku bukan seorang Nazi, tetapi menulis lirik tentang Adolf Hitler sebagai pemimpin militer, dan percaya bahwa Holocaust tidak pernah terjadi. Tidak semua orang di batalyon Azov berpikir seperti Dmitry, tetapi setelah berbicara dengan lusinan pejuangnya dan menjalankan beberapa misi selama seminggu terakhir di dan sekitar kota pelabuhan strategis Mariupol, Guardian menemukan banyak dari mereka memiliki pandangan politik yang mengganggu, dan hampir semuanya berniat "membawa pertarungan ke Kiev" ketika perang di timur berakhir.

Simbol batalion ini mengingatkan pada Wolfsangel Nazi, meskipun batalion mengklaim bahwa itu sebenarnya dimaksudkan sebagai huruf N dan saya yang saling bersilangan, melambangkan "ide nasional". Banyak dari anggotanya memiliki hubungan dengan kelompok neo-Nazi, dan bahkan mereka yang menertawakan gagasan bahwa mereka adalah neo-Nazi tidak memberikan bantahan yang paling meyakinkan.

"Tentu saja tidak, itu semua dibuat-buat, hanya ada banyak orang yang tertarik dengan mitologi Nordik," kata seorang pejuang ketika ditanya apakah ada neo-Nazi di batalion. Ketika ditanya apa pandangan politiknya sendiri, dia menjawab "sosialis nasional". Adapun tato swastika pada setidaknya satu orang yang terlihat di pangkalan Azov, "swastika tidak ada hubungannya dengan Nazi, itu adalah simbol matahari kuno," klaimnya.

Batalyon tersebut telah menarik sukarelawan sayap kanan dari luar negeri, seperti Mikael Skillt, seorang Swedia berusia 37 tahun, yang dilatih sebagai penembak jitu di tentara Swedia, yang menggambarkan dirinya sebagai "nasionalis etnis" dan bertempur di garis depan dengan batalyon.

Terlepas dari kehadiran elemen-elemen ini, propaganda Rusia yang mengklaim "junta fasis" Kiev ingin membersihkan Ukraina timur dari penutur bahasa Rusia adalah berlebihan. Azov adalah minoritas di antara pasukan Ukraina, dan bahkan mereka, betapapun tidak menyenangkannya pandangan mereka, tidak anti-Rusia; sebenarnya lingua franca batalion adalah bahasa Rusia, dan sebagian besar menggunakan bahasa Rusia sebagai bahasa pertama mereka.

Memang, banyak dari apa yang anggota Azov katakan tentang ras dan nasionalisme sangat mirip dengan pandangan nasionalis Rusia yang lebih radikal yang berjuang dengan pihak separatis. Batalyon itu bahkan memiliki seorang sukarelawan Rusia, seorang berusia 30 tahun dari St Petersburg yang menolak menyebutkan namanya. Dia mengatakan dia memandang banyak komandan pemberontak Rusia secara positif, terutama Igor Strelkov, mantan perwira FSB yang memiliki hasrat untuk peragaan ulang militer dan tampaknya melihat dirinya sebagai perwira Tsar. Dia "ingin membangkitkan Rusia yang hebat, kata sukarelawan itu; tetapi Strelkov "hanya pion dalam permainan Putin," katanya, dan dia berharap Rusia suatu saat akan memiliki "Maidan yang nasionalis dan kejam" sendiri.

Pada suatu sore awal pekan ini, Guardian melakukan perjalanan dengan sekelompok pejuang Azov untuk menyerahkan beberapa kotak peluru kepada penjaga perbatasan Ukraina. Selama serangan artileri di luar Mariupol pada hari-hari sebelumnya, penjaga perbatasan datang untuk menyelamatkan sekelompok pejuang Azov, dan peluru adalah cara mereka mengucapkan terima kasih. "Segala sesuatu dalam perang ini didasarkan pada hubungan pribadi; Kiev tidak melakukan apa-apa," jelas sukarelawan Rusia Azov, saat kami melaju menuju pos pemeriksaan dengan Chevrolet sipil; bagasi penuh dengan kotak peluru dan peluncur granat berpeluncur roket; salah satu jendela ditembakkan oleh tembakan selama pertempuran baru-baru ini.

"Begitulah cara kerjanya. Anda pergi ke suatu tempat, mereka melihat Anda benar-benar berani, Anda bertukar nomor telepon, dan lain kali Anda dapat menelepon untuk meminta bantuan. Jika Anda membutuhkan serangan artileri, Anda dapat menelepon,\'\' katanya.

Topik Menarik