Hadapi Perubahan Iklim, Puan: Kita Butuh 100 Miliar Dolar AS Per Tahun

Hadapi Perubahan Iklim, Puan: Kita Butuh 100 Miliar Dolar AS Per Tahun

Nasional | rm.id | Senin, 21 Maret 2022 - 14:16
share

Ketua DPR, Puan Maharani mengatakan, butuh 100 miliar dolar AS atau Rp 1.434 triliun per tahun untuk memobilisasi aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Hal itu disampaikan Puan di serangkaian kegiatan Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Bali International Convention Centre (BICC) The Westin, Nusa Dua, Bali, Senin (21/3).

Mulanya, Puan mengatakan, perubahan iklim telah menjadi agenda global. Tindakan nyata harus dilakukan anggota dewan. Pasalnya, saat ini dunia telah mencapai pemanasan 1.1 derajat celsius. "Jika di dunia tidak berkurang 7,6 persen per tahunnya dari tahun 2020 hingga tahun 2030, maka dunia tidak akan mencapai target pemanasan bumi 1,5 hingga 2 derajat celcius," kata Puan.

Karenanya dia mendorong agar pertemuan forum parlemen internasional ini dapat memobilisasi komitmen dan aksi dunia pada isu perubahan iklim. Aksi nyata mutlak dilakukan guna menyelamatkan dunia dari dampak perubahan iklim yang banyak menyebabkan bencana.

"Kita harus merealisasikan komitmen pembiayaan perubahan iklim sebesar 100 miliardolar AS per tahun, dan kita harus mendukung transisi energi bersih dengan transfer teknologi dan investasi," ujarnya.

Lebih lanjut, Puan menekankan, kepada anggota parlemen internasional untuk memperkuat kemitraan global dan multilateralisme. Juga, perlunya membangun kebersamaan dengan dialog. "Parlemen itu berperan aktif menjembatani perbedaan antar-negara dan berupaya membangun saling kepercayaan," beber putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Selain itu, Puan berkomitmen untuk memimpin IPU secara transparan dan inklusif. "saya juga mengharapkan dukungan dari rekan-rekan sekalian sehingga pertemuan ini dapat berlangsung lancar dan produktif. Saya percaya bahwa bersama kita dapat berkontribusi dalam mengatasi berbagai tantangan global," tutup Puan. [ UMM ]

Topik Menarik