Lebak Sering Diguncang Gempa, Begini Kata Kepala BPBD

Lebak Sering Diguncang Gempa, Begini Kata Kepala BPBD

Nasional | bantennews.co.id | Senin, 21 Maret 2022 - 14:02
share

LEBAK Wilayah Kabupaten Lebak, khususnya bagian selatan sering diguncang gempa bumi. Terbaru gempa dengan kekuatan 5,1 magnitudo mengguncang Kabupaten Lebak yang berpusat di Kecamatan Cigemblong pada Jumat 18 Maret 2022 pagi.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Lebak Febby Rizki Pratama mengatakan, gempa yang sering terjadi di wilayahnya merupakan aktivitas pelepasan energi bumi yang dapat meredam gempa besar atau bahkan gempa Megathrust yang saat ini sangat dikhawatirkan.

Kami maupun pihak BMKG belum bisa menyimpulkan apakah gempa itu merupakan gempa pembuka atau pelepasan energi, tapi mudah-mudahan ini pelepasan energi, kata Febby saat dihubungi, Senin (21/3/2022).

Ia menjelaskan, pelepasan energi dengan gempa yang berskala kecil tersebut itu dapat mengurangi energi gempa Megathrust. Karena, secara teori jika perubahan energi dari energi yang besar terkumpul dan sering terlepas, maka ketika terjadi gempa tidak akan terlalu besar.

Kalau gempa-gempa kecil itu keluar justru bagus, sebab energi bumi terus keluar dibandingkan energi yang tidak keluar dan terpendam jika langsung keluar maka bisa menyebabkan gempa yang besar, ucapnya.

Febby pun mengimbau kepada warga Lebak khususnya di sekitar pesisir pantai jika terjadi gempa bumi dengan guncangan besar, maka langsung melakukan evakuasi dini dengan mengikuti rambu-rambu evakuasi yang telah terpasang. ( Tra/San/Red).

Topik Menarik