Loading...
Loading…
Tekankan Gotong Royong Global, Puan Dorong IPU Tolak Unilateralisme

Tekankan Gotong Royong Global, Puan Dorong IPU Tolak Unilateralisme

Nasional | rm.id | Senin, 21 Maret 2022 - 09:33

Ketua DPR, Puan Maharani mengatakan, anggota dewan yang tegabung di Inter-Parliamantary Union (IPU) berperan penting dalam membangun dukungan politik dan legitimasi. Tujuannya untuk mempromosikan kerja sama internasional bagi negara demokrasi. Karenanya, Puan berharap, IPU terus berpegangan pada prinsip-prinsip kemanusiaan.

Parlemen memiliki peran kunci untuk menolak unilateralisme, yang mengutamakan kepentingan sempit dan sesaat, tegas Puan, saat berpidato dalam Inaugural Ceremony Inter-Parliamantary Union (IPU) ke-144 di Bali International Convention Centre (BICC) The Westin, Nusa Dua, Bali, Minggu (20/3) malam.

Parlemen juga berperan penting untuk mendukung dan mengimplementasi kesepakatan internasional pada tingkat nasional dan lokal. Kesepakatan internasional dinilai akan sia-sia jika tidak dapat diimplementasi di dalam negeri.

Sesuai fungsinya, parlemen membuat instrumen hukum di dalam negeri, mengalokasi anggaran, dan melakukan pengawasan berbagai komitmen internasional, ungkapnya.

Karenanya Majelis IPU ke-144 berperan penting untuk membangun dialog antar parlemen. Hal ini juga berguna untuk membangun jembatan bagi negara yang memilliki perbedaan pandangan, tambah dia.

Baca Juga :
Puan Ajak Forum Parlemen Dunia Perkuat Kerja Sama Internasional

Puan menambahkan, parlemen-parlemen dunia harus menggunakan kesempatan ini untuk memperkuat demokrasi, perdamaian, hak asasi manusia, dan pembangunan berkelanjutan. Hal ini sesuai dengan tujuan IPU. Upaya memperkokoh fondasi demokrasi diperlukan karena di saat pandemi, demokrasi di berbagai negara mengalami tantangan, sebut Puan.

IPU pun diharapkan untuk bisa memperjuangkan demokratisasi berbagai badan internasional. Khususnya, menurut Puan, agar lebih dapat menjamin keterwakilan dan suara negara berkembang.

Majelis IPU ke-144 dapat menjadi momentum bagi Parlemen untuk menyebarkan budaya damai ( culture of peace ) yang selalu mempromosikan toleransi, dan dialog, serta menolak kekerasan, beber dia.

Pembukaan IPU ke-144 dihadiri oleh Presiden Jokowi. Di hadapan delegasi negara-negara IPU, Jokowi juga menekankan pentingnya komitmen bersama dari dunia dalam merealisasikan agenda-agenda global.

Selain itu, turut hadir pula Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, para wakil ketua DPR dan sejumlah anggota dewan, serta Gubernur Bali Wayan Koster. [ UMM ]

Baca Juga :
Kepemimpinan Puan di IPU Jadi Simbol Pemimpin Perempuan di Dunia

Original Source

Topik Menarik

{