Promosikan Seni Tari, Diaspora Indonesia Persembahkan Tari Nusantara

Promosikan Seni Tari, Diaspora Indonesia Persembahkan Tari Nusantara

Nasional | jawapos | Minggu, 20 Maret 2022 - 23:15
share

JawaPos.com Untuk mempromosikan seni tari Indonesia di luar negeri, diaspora Indonesia di Qatar telah menggelar persembahan medley tari nusantara pada hari Sabtu (18/03). Kegiatan tersebut dilaksanakan di salah satu stadion paling iconic di Qatar yang akan digunakan untuk pembukaan Piala Dunia 2022, Al Bayt Stadium.

Mereka yang terlibat dalam persembahan ini adalah kelompok seni Puspa Qinarya, Sanggar Messaied dan Sanggar Saman Al Khor. Para penari terdiri dari tiga generasi yaitu anak-anak, remaja dan dewasa. Dalam gelaran medley tari nusantara tersebut mereka antara lain menampilkan tari Sajojo dari Papua, Sirih Kuning dari Jakarta dan Saman dari Aceh.

Dalam sambutannya, Dubes RI untuk negara Qatar, Ridwan Hassan menyampaikan, bahwa selain untuk mempromosikan budaya Indonesia, kegiatan ini juga dapat meningkatkan hubungan persahabatan Indonesia-Qatar, karena dengan sendirinya turut mempromosikan Piala Dunia Qatar.

Di atas semua itu, kegiatan ini adalah bentuk perayaan kita terhadap keberagaman kata Dubes Ridwan Hassan.

Untuk mempromosikan seni tari Indonesia di luar negeri, diaspora Indonesia di Qatar telah menggelar persembahan medley tari nusantara pada hari Sabtu (18/03). Kegiatan tersebut dilaksanakan di salah satu stadion paling iconic di Qatar yang akan digunakan untuk pembukaan Piala Dunia 2022, Al Bayt Stadium.

Dubes RI yang telah satu setengah tahun bertugas di Qatar tersebut juga menyampaikan bahwa kerjasama Indonesia-Qatar akan memasuki babak baru dengan dipilihnya Indonesia sebagai negara mitra pada ajang Year of Culture 2023. Dalam semangat persahabatan kedua bangsa, saya mengajak seluruh diaspora Indonesia di Qatar dapat turut mensukseskan ajang Qatar-Indonesia Year of Culture tersebut tambah Dubes Ridwan.

Pada bagian lain, Ketua Persatuan Masyarakat Indonesia di Qatar (Permiqa), Ahmad Syarnubi Fatah menyampaikan bahwa komunitas Indonesia di Qatar sangatlah dinamis. Tidak kali ini saja mereka terlibat dalam promosi tari dan budaya Indonesia. Sebelum ini komunitas Indonesia juga tampil dalam ajang FIFA Arab Cup fan zone, dimana kami turut mempersembahkan tari tradisional Indonesia tutur Ahmad Syarnubi Fatah.

Topik Menarik