Loading...
Loading…
Pra-KTT Y20 di Palembang, Bahas Isu Ketenagakerjaan Pemuda

Pra-KTT Y20 di Palembang, Bahas Isu Ketenagakerjaan Pemuda

Nasional | jawapos | Minggu, 20 Maret 2022 - 20:09

JawaPos.com Y20 Indonesia 2022 resmi menyelenggarakan Pre-Summit atau Pra-KTT dengan tema Youth Employment atau Ketenagakerjaan Pemuda di Palembang, Sumatera Selatan. Dalam acara ini, isu ketenagakerjaan pemuda menjadi salah satu fokus utama.

Co-chairs Y20 Indonesia 2020, Michael Victor Sianipar mengatakan, Pra-KTT ini merupakan kesempatan besar bagi para pemuda untuk bertukar pikiran dalam mencari solusi atas masalah ketenagakerjaan pemuda di Indonesia dan dunia. Sebab, isu ini dianggap salah satu yang penting dibahas pada sama sekarang.

Saya berharap dan percaya bahwa dua hari ke depan kita akan memiliki kesempatan besar untuk bertukar pikiran. Kita akan membahas masalah yang sangat krusial terkait dengan pemuda global, yaitu ketenagakerjaan pemuda, ujar Michael dalam keterangan tertulis, Minggu (20/3).

Michael memaparkan, ada dua sub tema yang dibahas dalam Pra-KTT di Palembang? Yakni jaring pengaman sosial untuk pekerja muda, khususnya yang bekerja di sektor non formal dan kedua tentang kewirausahaan sosial.

Menurut dia, ada banyak tantangan yang dihadapi oleh pemuda saat ini. Tantangan itu diyakini akan mudah dilalui jika dihadapi secara bersama-sama.

Baca Juga :
Pra-KTT Y20 di Palembang, Michael Sianipar: Saatnya Pemuda Berkomitmen Tumbuh Bersama

Ada banyak tantangan yang dihadapi kaum muda, kecuali kita datang dengan strategi dan juga komitmen untuk tumbuh bersama. Serta juga untuk mengembangkan bersama keterampilan yang dibutuhkan di abad ke-21, kata Michael.

Lebih lanjut, Michael menjelaskan, alasan Pra-KTT Y20 Indonesia 2022 diselenggarakan di sejumlah kota, serta melibatkan delegasi dari negara anggota G20. Hal itu guna mendengar seluruh aspirasi anak muda secara menyeluruh, bukan hanya dari satu wilayah saja.

Kami sangat berharap apapun yang dibicarakan hari ini, malam ini, dan besok, tidak hanya berakhir di sini, di Palembang. Tapi, kami akan kembangkan semua ide ini saat KTT diselenggarakan di Jakarta dan Bandung, pungkas Michael.

Y20 pada G20 merupakan wadah konsultasi resmi bagi para perwakilan pemuda dari seluruh negara anggota G20 untuk berdialog dan menyampaikan rekomendasi kebijakan kepada para pemimpin negara G20. Rekomendasi Y20 akan dituangkan dalam Communique Y20, untuk dijadikan pertimbangan perumusan Leaders Declaration, sebagai deliverable utama Presidensi G20 Indonesia.

Pada Y20 Indonesia Tahun 2022, akan diangkat empat area prioritas: Ketenagakerjaan Pemuda, Transformasi Digital, Keberagaman dan Inklusi, dan Planet yang Berkelanjutan dan Layak Huni.

Baca Juga :
Pra-KTT Y20 Di Manokwari Angkat Isu Keberagaman & Inklusi

Original Source

Topik Menarik